Membuat desain halaman web menjadi lebih canggih
Membuat desain halaman web menjadi lebih canggih

Membuat desain halaman web menjadi lebih canggih

Konsunmtif.com – Semua orang dan kakek mereka (dan anjing) tampaknya telah membuat situs Web akhir-akhir ini. Web semakin ramai dari hari ke hari, dengan lusinan situs web Ditambahkan saat Anda membaca artikel ini. Semakin sulit untuk diperhatikan di antara massa.

“Untungnya” bagi kami desainer, tidak semua orang tampaknya mengerti apa yang membuat atau merusak desain Web.

Memang, Desain Web sebagian besar merupakan proses kreatif dan karena itu dapat disebut lebih banyak seni daripada sains.

Tetapi karena secara intrinsik merupakan media presentasi, beberapa aturan (atau setidaknya prinsip) berlaku.

Dengan mengikuti beberapa petunjuk sederhana, siapa pun harus dapat membuat desain yang menyenangkan secara visual dan selangkah lebih dekat ke ketenaran.

Oke, tidak sesederhana itu, dan bakat serta pengalaman memang penting, tetapi siapa pun dapat mengubah beranda mereka menjadi sesuatu yang lebih cantik hanya dalam beberapa menit.

Jadi apa yang membuat sesuatu yang cantik? Hal ini tidak Flash. Bukan untuk mengatakan bahwa Flash tidak memiliki manfaat, tetapi Flash saja tidak membuat desain yang baik; beberapa situs Flash jahat di luar sana.

Juga, seseorang tidak harus menjadi ilustrator yang hebat untuk membuat desain yang menarik. Sebaliknya, lihat Desain Web sebagai simbiosis dari berbagai elemen. Tidak ada elemen tunggal yang paling penting; sebaliknya, jumlah elemen membuat desain terlihat bagus.

Menjaga desain Anda seimbang

Keseimbangan adalah semua tentang memastikan bahwa desain Anda tidak ujung ke satu sisi atau yang lain. Ini seperti keseimbangan berat dalam mencapai simetri atau asimetri.

Lihatlah anjing di grafik header situs web pengurangan Khoi Vinh di bawah ini. Saya mengambil contoh ini dari prinsip-prinsip desain web yang indah oleh Jason Beaird.

Jason menunjukkan bagaimana salib di sebelah kanan menggantikan bobot visual tambahan yang diberikan anjing di sebelah kiri. Ini adalah detail kecil tapi tidak signifikan. Lihat sendiri dengan menyembunyikan salib dengan tangan Anda.

Inilah yang kita sebut keseimbangan asimetris, dan inilah keseimbangan itu. Jika Anda tidak berhati-hati tentang bagaimana Anda meletakkan hal-hal, desain akan menjadi tidak seimbang agak cepat.

Anda dapat memanipulasi berat visual desain dalam banyak cara, seperti dengan warna, ukuran dan penambahan atau penghapusan elemen.

Jika Anda membuat salib, katakanlah, oranye yang hidup, itu akan menjadi lebih berat dan mungkin membuang tata letak yang tidak seimbang lagi.

Mencapai keseimbangan asimetris adalah masalah yang sangat rumit yang membutuhkan waktu untuk menyempurnakan dan mata yang agak terlatih untuk benar-benar menarik.

Berikut di bawah ini adalah contoh lain dari keseimbangan simetris, yang ini pada dua puluh pertama. Meskipun grafik header seimbang secara asimetris (Dapatkah anda melihat bagaimana hal itu dilakukan?), sisa desain yang lebih rendah memiliki kolom simetris.

Keseimbangan asimetris mungkin lebih sulit untuk dilakukan, tetapi cenderung membuat desain lebih menyenangkan.

Anda akan menemukan bahwa setiap desain yang menurut Anda terlihat bagus memiliki keseimbangan yang dibangun dengan baik yang mendasarinya.

Dan setiap desain yang ditampilkan di sini mendapat nilai tinggi pada masing-masing dari tujuh prinsip yang kita diskusikan. Jadi luangkan waktu sebentar untuk menggulir ke atas dan ke bawah dan lihat sendiri apakah mereka semua lulus.

Pisahkan desain Anda dengan menggunakan kisi-kisi

Konsep grid terkait erat dengan keseimbangan. Grid adalah serangkaian penguasa horisontal dan vertikal yang membantu Anda “mengelompokkan” desain.

Pikirkan kolom. Kolom meningkatkan keterbacaan, membuat konten halaman lebih mudah diserap. Jarak dan penggunaan aturan pertiga (atau rasio emas serupa) membuat segalanya lebih mudah dilihat.

Aturan pertiga dan Rasio Emas menjelaskan mengapa sidebars, misalnya, biasanya sekitar sepertiga dari lebar halaman dan mengapa area konten utama kira-kira sama dengan lebar desain dibagi 1,62 (sama dengan phi dalam matematika).

Kami tidak akan masuk ke mengapa hal ini, tetapi tampaknya berlaku dalam praktek. Ini juga mengapa subjek dalam foto yang diambil secara profesional biasanya diposisikan bukan di tengah tetapi di persimpangan kisi sembilan persegi imajiner (tiga kali tiga, dengan dua garis horizontal dan dua garis vertikal).

Meskipun desainnya tidak mengesankan secara visual, penataan elemen yang jelas membuatnya mudah dilihat. Kolom kiri kira-kira dua kali ukuran sidebar Kanan, yang masuk akal dan merupakan sesuatu yang perlu dipikirkan saat membuat desain Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *