Tabel Cicilan Pinjaman Bank Permata

Bank Permata merupakan salah satu bank swasta ternama di Indonesia. Bank yang telah diakuisi oleh bank asing, yakni Bangkok Bank sejak 2019 ini bertransformasi sebagai lembaga penjamin kredit yang melayani nasabah terkait pembiayaan kredit. Anda dapat melihat tabel cicilan pinjaman Bank Permata, guna menghitung biaya angsuran per bulan untuk pinjaman pokok yang Anda butuhkan.

Salah satu produk kredit yang diluncurkan oleh Bank Permata adalah kredit tanpa agunan (KTA). Apa itu kredit tanpa agunan ? Kredit tanpa agunan ini merupakan pembiayaan kredit yang tidak menyertakan agunan atau jaminan dalam perjanjian pembiayaan kredit antara Anda selaku peminjam dengan Bank Permata selaku pemberi dana kredit.

Persyaratan Dalam Mengajukan Kredit Tanpa Agunan Di Bank Permata

Mengajukan permohonan kredit tanpa agunan melalui Bank Permata ini memang tidaklah sulit. Sebab, Anda hanya perlu mengetahui beberapa persyaratan yang harus Anda persiapkan, sebelum Anda mengajukan permohonan kredit.

Oleh sebab itu, ini dia beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan dipersiapkan sebelum mengajukan kredit tanpa agunan (KTA) melalui Bank Permata. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Persyaratan Umum

• Berusia minimal 21 tahun hingga 65 tahun ( 19 tahun untuk yang telah berkeluarga)
• Fotokopi kartu keluarga (KK)
• Fotokopi e-KTP pemohon
• Fotokopi NPWP (untuk pengajuan diatas 10 juta)
• Berpenghasilan diatas 3,5 juta perbulan untuk karyawan (dibuktikan dengan slip gaji asli)
• Laporan laba rugi perusahaan (untuk wiraswasta)
• Fotokopi rekening korang 3 bulan terakhir

Nah, itulah beberapa persyaratan-persyaratan yang wajib untuk Anda penuhi dan sediakan ketika mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan melalui Bank Permata.

Prosedur Mengajukan Kredit Tanpa Agunan Melalui Bank Permata

Setelah Anda mengetahui dan paham akan persyaratan dalam mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan (KTA), maka langkah selanjutnya adalah membahas tentang prosedur yang harus Anda lalui untuk mendapatkan persetujuan kredit tanpa agunan (KTA) dari pihak Bank Permata.

Oleh sebab itu, inilah beberapa prosedur yang harus Anda lalui sebelum mendapatkan persetujuan pencairan kredit tanpa agunan (KTA) melalui Bank Permata. Diantaranya adalah :

1. Mengunjungi Bank Permata Cabang Terdekat

Langkah pertama tentu saja mengunjungi kantor cabang Bank Permata terdekat

2. Berkonsultasi Sekaligus Mengajukan Permohonan Kredit Tanpa Agunan Melalui Customer Service

Langkah kedua adalah, berkonsultasi terlebih dahulu terkait pengertian kredit tanpa agunan (KTA). Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi mengenai simulasi tabel cicilan pinjaman Bank Permata untuk jenis pinjaman kredit tanpa agunan (KTA).

Setelah Anda paham mengenai KTA, maka langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan kredit tanpa agunan (KTA) melalui customer service Bank Permata.

3. Mengisi Formulir Pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Setelah Anda mengetahui simulasi tabel cicilan pembiayaan Bank Permata untuk produk kredit tanpa agunan (KTA). Maka, langkah ketiga adalah mengisi formulir pengajuan kredit tanpa agunan (KTA) sesuai dengan data diri pemohon beserta menyerahkan persyaratan untuk mengajukan kredit tanpa agunan melalui Bank Permata.

Kelebihan dan Kekurangan Dalam Mengajukan Kredit Tanpa Agunan Melalui Bank Permata

Setiap lembaga pembiayaan kredit ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dari kaca mata nasabah. Sebab, tidak semua nasabah ini merasa puas dengan pelayanan pihak bank. Maka dari itu, saran, kritik, dan penilaian dari nasabah tentu dibutuhkan oleh pihak bank, termasuk Bank Permata.

Oleh sebab itu, ini dia kelebihan dan juga kekurangan dari Bank Permata dalam memberikan layanan kredit tanpa agunan, menurut nasabah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Kelebihan

1. Tenor yang Panjang

Kelebihan pertama dari Bank Permata dalam memberikan fasilitas kredit tanpa agunan adalah, masa tenor yang cukup panjang. Anda dapat mengajukan tenor pinjaman untuk 6 bulan hingga 5 tahun lamanya

2. Suku Bunga Ringan

Kelebihan kedua dari Bank Permata dalam memberikan fasilitas kredit tanpa agunan adalah, suku bunga yang cukup ringan. Ya, suku bunga untuk kredit tanpa agunan dari Bank Permata ini mulai dari 0,88% per bulannya

Kekurangan

1. Terdapat Biaya Administrasi

Untuk pengajuan kredit yang disetujui oleh Bank Permata, maka Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1%-4% dari jumlah pokok pinjaman, atau maksimal Rp. 150.000
Bank Permata merupakan salah satu bank swasta ternama di Indonesia. Sebagai bank yang telah dikelola secara profesional ini tentu saja memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabah. Untuk Anda yang berencana mengajukan pinjaman melalui bank permata, maka Anda dapat melihat simulasi tabel cicilan pinjaman Bank Permata untuk mengetahui besaran angsuran per bulannya.

KPR Bank BJB via BJB DigiCash

KPR bank BJB pada tahun 2020 ini di khususkan bagi PNS/ASN yang memiliki bisnis sampingan, sepertinya tak perlu khawatir lagi. Syarat mudah dan banyak manfaat karena tabel pinjaman Bank BJB syariah dapat mengakomodir semua golongan PNS!

Sekarang sudah ada pinjaman khusus PNS yang disediakan Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten (BJB) bernama Kredit Guna Bhakti (KGB).  Pinjaman berupa kredit KPR, Multiguna hingga kredit Investasi.

KPR Bank BJB

Produk yang sudah diluncurkan sejak beberapa tahun silam ini, memang sangat membantu PNS yang akan mencoba peruntungan di dunia bisnis tanpa.

Tentunya tanpa mengabaikan tugas utama sebagai pegawai negeri. Banyak nasabah yang sudah merasakan manfaatnya dan kini sukses menjadi pegawai sekaligus wirausaha.

Syarat Pinjaman Bank BJB

Ada sejumlah persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh calon debitur kredit ini, jika memenuhi syarat tentunya peluang mendapatkan pinjaman akan lebih besar adalah :

  • Usia antara 21 tahun hingga 55 tahun
  • Posisinya bisa sebagai CPNS, atau masih aktif menjadi PNS, anggota DPR atau DPD.
  • Mempersiapkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon debitur dan pasangannya
  • Mempersiapkan fotokopi surat nikah jika masih menikah atau surat cerai apabila sudah bercerai
  • Mempersiapkan fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Mempersiapkan fotokopi identitas sebagai pegawai
  • Mempersiapkan bukti pembayaran gaji dari instansi tempat bekerja.
  • Mempersiapkan foto calon debitur dan pasangan masing-masing 1 lembar ukuran 3×4
  • Mempersiapkan Surat Keputusan Pengangkatan pegawai asli

Prosedur Pengajuan Pinjaman

Pengajuan kredit KPR terbaru sesuai tabel angsuran Bank BJB syariah tidak berbelit-belit.

  1. Anda cukup membawa semua dokumen yang diminta sebagai syarat, lalu datang ke cabang Bank BJB terdekat untuk melakukan pengajuan.
  2. Selanjutnya Anda akan diminta mengisi formulir pengajuan yang sudah disiapkan oleh pihak bank.
  3. Proses selanjutnya adalah verifikasi administrasi yang dilakukan oleh pihak bank setelah Anda menyerahkan berkas tersebut.
  4. Lalu Anda akan masuk tahap survei untuk memastikan semua data dan dokumen yang diberikan adalah benar.
  5. Setelah itu, jika lolos survei maka Anda akan mendapatkan informasi kredit diterima dan pihak bank akan menyalurkannya melalui rekening sesuai perjanjian.

Tips Pengajuan Kredit Disetujui

Jika Anda ingin pengajuan disetujui, bisa melakukan beberapa tips jitu yang sudah berhasil membuat banyak PNS berhasil mendapatkan KGB. Pertama adalah memastikan kemampuan Anda untuk membayar angsuran kredit setiap bulan.

Caranya dengan menghitung berapa gaji, dan berapa angsuran bulanan, kemudian lihat kelebihan dana yang ada apakah cukup untuk kebutuhan bulanan lainnya.

Kedua adalah memastikan bahwa semua dokumen yang diberikan adalah valid dan bisa dipertanggungjawabkan, karena kesalahan dokumen pengajuan KPR dapat ditolak. Ketiga adalah jangan terlibat hutang lain di bank yang masih menunggak, karena pihak bank pastinya akan melakukan pengecekan.

Tabel Pinjaman Bank BJB

tabel kpr bank bjb dan simulasi pinjaman bank

Kelebihan dan Kekurangan

KELEBIHANKEKURANGAN
Anda akan mendapatkan pelatihan bisnis serta bagaimana mengelola keuangan yang benar dari pihak bank secara kontinuJika Anda tak bijak mengajukan pinjaman, bisa saja gaji akan habis untuk angsuran pinjaman.
Ada program undian berhadiah hagi para nasabah kredit ini, seperti umrah, wisata religibagi nasabah non musimTenor yang terlalu lama akan menjadi beban bagi Anda, apalagi jika kebutuhan hidup semakin banyak.
Ada layanan KGB plus dimana Anda yang pembayaran gaji instansi melalui BJB dan bisa memiliki rekening khusus angsuran yang sumbernya adalah dari tunjangan penghasilan bulanan Anda.Memang sangat menggiurkan ketika Anda bisa mengajukan pinjaman menggunakan SK PNS yang dimiliki
Angsuran disesuaikan dengan gaji yang Anda dapatkan setiap bulan, dan berpatokan pada tenor kredit yang dipilih.
Banyak tingkatan angsuran sesuai tabel pinjaman Bank BJB untuk PNS 2020, jadi Anda bisa memilih sesuai kemampuan.

Pertanyaan dan Jawaban

Apa itu Kredit Guna Bhakti dari Bank BJB?

Kredit Guna Bhakti adalah fasilitas pinjaman bagi PNS atau ASN dan debitur lainnya.

Berapa jumlah plafon pinjaman yang bisa didapatkan?

Plafon 500 juta hingga 1 miliar dengan tambahan agunan.

Apa rata-rata alasan PNS mengajukan kredit?

Kebanyakan yang kami temui adalah pinjaman untuk konsumtif hingga KPR.

Berapa lama tenor yang ditawarkan Bank BJB?

Tenor atau jangka waktu pinjaman sangat variatif, rata-rata berikisar antara 20-25 tahun.

Kami sangat menyarankan kepada Anda para debitur untuk menyiapkan berkas lampiran pada syarat diatas supaya pinjama dapat diterima.

Promo KPR Bank Ganesha

KPR Bank Ganesha, Syarat Pengajuan,Tabel Angsuran dan promo menarik

Bank Ganesha merupakan salah satu bank swasta tertua dan terbesar di Indonesia. Sebab, bank ini telah Di dirikan sejak tahun 30 April 1992.

Promo KPR bank ganesha untuk berkontribusi bagi masyarakat Indonesia, salah satunya adalah pemberian kredit penghasilan tetap, dan promo kpr.

KPR BANK GANESA

Besaran kredit dan simulasi pembayaran bulanan dengan penawaran menarik karena terbatas untuk 100 nasabah saja.

Syarat Kredit Bank Ganesha

Sama halnya dengan bank swasta lainnya di Indonesia, Bank Ganesha online pun juga menetapkan berbagai syarat-syarat kredit penghasilan tetap melalui Bank Ganesha adalah :

1. Untuk Perseorangan/Karyawan

  • Berusia 21 tahun (19 tahun bila telah menikah)
  • Perusahaan tempat bekerja Anda telah bermitra dengan Bank Ganesha sekurang-kurangnya 3 tahun
  • Lolos BI Checking
  • Wajib tercover asuransi jiwa kredit atau AJK
  • Fotokopi KTP suami dan istri
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi NPWP (untuk peminjaman diatas 50 juta)
  • Slip gaji (bukti asli/fisik)
  • Surat Keterangan Kerja Dari HRD
  • BPJS Ketenagakerjaan
  • Surat Persetujuan Pasangan (suami/istri pemohon)

2. Untuk Perusahaan

  • Perusahaan telah berdiri dan berjalan sekurang-kurangnya 5 tahun dan telah menghasilkan laba bersih
  • Lolos BI Checking perusahaan
  • Mempekerjakan karyawan sekurang-kurangnya 25 orang
  •  Membuat kesepakatan dalam bentuk perjanjian MoU antaran Bank Ganesha dengan perusahaan
  • Menyerahan Laporan laba dan rugi tahunan
  • Fotokopi legalitas perusahaan seperti SPT PPH, SIUP,  dam TDP.
  • Fotokopi KTP pengurus perusahaan.

Fungsi Mengajukan Kredit Penghasilan Tetap Dari Bank Ganesha

Bank Ganesha mengerti kebutuhan primer dari masyarakat Indonesia ini cukup besar, khususnya bagi karyawan dan juga pemilik perusahaan. Maka, dengan adanya produk Kredit Penghasilan Tetap ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda, seperti :

  1. Biaya pernikahan
  2. Biaya pendidikan
  3. Biaya kesehatan
  4. Biaya melahirkan
  5. Kebutuhan konsumtif.

Prosedur Mengajukan Kredit

Sebelum Anda mengajukan kredit penghasilan tetap dari Bank Ganesha, maka Anda perlu mengetahui terkait tahapan-tahapan dalam mengajukan kredit melalui Bank Ganesha.

Untuk itu, ini dia beberapa tahapan dalam mengajukan kredit penghasilan tetap melalui Bank Ganesha.

1. Mengunjungi Bank Ganesha Cabang Terdekat

Tahap pertama adalah mengunjungi Bank Ganesha cabang terdekat dari rumah Anda.

2. Mengajukan Pinjaman Untuk Jenis Kredit Penghasilan Tetap

Setelah Anda dilayani oleh customer service Bank Ganesha, maka langkah selanjutnya adalah silahkan untuk memilih jenis kredit yang yakni kredit penghasilan tetap.

3. Silahkan Lihat Simulasi Tabel Pinjaman Bank Ganesha

Setelah itu, Anda dipersilahkan untuk melihat simulasi tabel pembiayaan Bank Ganesha untuk tipe kredit penghasilan tetap.

Anda dapat memperhitungkan angsuran bulanan sesuai dengan besaran pinjaman pokok.

4. Mengisi Formulir Pengajuan Pembiayaan

Silahkan Anda mengisi formulir pengajuan kredit yang disediakan oleh customer service Bank Ganesha.

Silahkan isi nama, alamat, no.KTP dengan benar. Selain itu, isi juga nomor telepon dan email aktif. Lalu, silahkan Anda menyerahkan dokumen sebagai persyaratan pengajuan kredit.

5. Menyerahkan Agunan/Jaminan

Setelah proses pengajuan kredit penghasilan tetap telah disetujui, maka Anda dipersilahkan untuk menyerahkan agunan/jaminan yang telah disepakati bersama.

Kelebihan dan Kekurangan

Dalam proses pengajuan kredit melalui Bank Ganesha ini, tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan dalam mengajukan kredit pengajuan pinjaman. Oleh sebab itu, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Bank Ganesha terkait pengajuan pinjaman. Diantaranya adalah :

1. Kelebihan

• Suku Bunga Ringan

Suku bunga pinjaman kredit penghasilan tetap dari Bank Ganesha ini cukup ringan. Sehingga tidak terlalu memberatkan para nasabah. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat melihat tabel pinjaman Bank Ganesha

• Proses Cepat

Untuk proses pencairan sendiri juga cukup cepat. Apabila pengajuan pinjaman Anda telah disetujui, maka proses pencairannya pun paling lama 2 hari masa kerja

2. Kekurangan

• Cabang Bank Ganesha Tidak Terlalu Banyak

Kendala dari para nasabah yang ingin mengajukan kredit melalui Bank Ganesha adalah, cabang Bank Ganesha dirasa masih kurang, terutama di daerah pelosok.

Bank Ganesha merupakan salah satu bank swasta tertua di Indonesia. Bank Ganesha ini dirasa sangat membantu debitur yang ingin mengajukan pembiayaan kredit pinjaman melalui Bank Ganesha.

Tabel Angsuran KPR dan Multiguna

tabel angsuran kpr bank ganesha onlie

FAQ

Apa keuntungan KPR Bank Ganesha?

Promo KPR bank ganesha diperuntukan kepada keluarga muda milenial.

Berapa bunga kredit yang harus dibayarkan?

Bunga KPR 12%, Kredit korporasi 11% dam kredit ritel 13%

Berapa nomor telp call center Bank Ganesha?

Anda dapat menghubung kami di 1500169 atau (021) 2910 9900.

Apa saja keuntungan kredit penghasilan tetap?

Banyak sekali manfaat KPT bisa diperukan untuk keperluan konsumtif maupun modal usaha.

Tabel Pinjaman Bank Kalbar

Bank Kalimantan Barat (Bank Kalbar) merupakan salah satu bank yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kalimantan Barat. Bank Kalbar ini diharapkan mampu untuk mensejahterahkan masyarakat di Kalimantan Barat. Salah satunya adalah produk pinjaman Kredit Usaha Mikro (KUM) sejahtera. Untuk mengetahui selengkapnya, Anda dapat melihat tabel pinjaman Bank Kalbar.

Persyaratan Umum Mengajukan Pinjaman Kredit Usaha Mikro (KUM) Sejahtera

Untuk mendapat persetujuan pemberian bantuan kredit usaha mikro (KUM) sejahtera dari Bank Kalbar, maka ada beberapa persyaratan umum yang wajib Anda sediakan, ketika Anda tengah mengajukan pinjaman kredit usaha mikro (KUM) sejahtera melalui Bank Kalbar.

Untuk itu, ini dia beberapa persyaratan yang wajib Anda bawa dan lengkapi ketika mengajukan pinjaman kredit usaha mikro (KUM) sejahtera. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Berusia setidaknya 21 tahun
2. Telah menjalankan sekurang-kurangnya 6 bulan lamanya
3. Telah menghasilkan laba
4. Wajib lolos BI Checking
5. Menyerahkan beberapa dokumen pengajuan kredit usaha mikro (KUM) sejahtera, seperti :

  • Fotocopy KTP aktif pemohon dan pasangan
  • Pas foto pemohon beserta pasangan
  • Fotokopi kartu keluarga (KK)
  • Surat izin usaha perdagangan (SIUP), TDP, NPWP perusahaan, dan surat-surat usaha lainnya
  • Fotokopi laporan laba rugi perusahaan minimal 1 tahun terakhir
  • Fotokopi rekening tabungan minimal 3 bulan terakhir
  • Fotokopi kepemilika jaminan.agunan

Nantinya, persyaratan-persyaratan tersebut dapat Anda lampirkan pada saat pengajuan pembiayaan kredit usaha mikro (KUM) sejahtera melalui Bank Kalbar. Semakin lengkap dokumen yang Anda bawa, maka semakin besar peluang Anda untuk persetujuan pengajuan kredit.

Apakah Pengajuan Kredit Usaha Mikro (KUM) Sejahtera Dapat Digunakan Untuk Kebutuhan Lain

Banyak nasabah yang bertanya, apakah pengajuan kredit usaha mikro (KUM) sejahtera ini dapat dgunakan untuk kebutuhan finansial lain. Tentu saja tidak diperkenankan. Sebab, fungsk kredit usaha mikro (KUM) sejahtera ini memang diperuntukkan guna mengembangkan usaha yang Anda rintis.

Apabila Anda ingin mengajukan kredit untuk kebutuhan lain, maka Anda dapat mengajukan kredit KAPUAS (Kredit Angsuran Pasti Untuk Apa Saja). Untuk lebih lengkapnya mengenai biaya angsuran, tenor, dan juga besaran biaya pokok. Maka, Anda dapat langsung saja melihat simulasi tabel pinjaman Bank Kalbar.

Prosedur Pengajuan Kredit Usaha Mikro (KUM) Sejahtera Melalui Bank Kalbar

Sebelum Anda mendapatkan pencairan dana kredit usaha mikro (KUM) sejahtera dari Bank Kalbar, maka Anda harus melewati prosedur yang ditetapkan oleh Bank Kalbar bagi nasabah yang ingin mengajukan kredit usaha mikro (KUM) sejahtera. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Mengunjungi Bank Kalbar Cabang Terdekat

Tahap pertama adalah, mengunjungi kantor Bank Kalbar Cabang terdekat dari alamat rumah Anda

2. Bertanya dan Memilih Jenis Kredit Usaha Mikro (KUM) Sejahtera

Setelah Anda dilayani oleh customer service Bank Kalbar. Maka, Anda dapat bertanya seputar informasi mengenai kredit usaha mikro (KUM) sejahtera kepada pihak customer service. Setelah Anda paham, maka silahkan pilih jenis kredit tersebut

3. Melihat Simulasi Tabel Pinjaman Bank Kalbar

Langkah selanjutnya adalah, silahkan Anda melihat simulasi tabel pinjaman kredit usaha mikro (KUM) sejahtera Bank Kalbar terlebih dahulu. Pastikan Anda membutuhkan biaya pokok , menentukan tenor pinjaman, dan berapa biaya angsuran perbulan.

4. Mengisi Formulir Pengajuan Kredit

Setelah Anda melihat tabel pinjaman kredit usaha mikro (KUM) sejahtera Bank Kalbar, maka langkah selanjutnya adalah silahkan mengisi formulir pengajuan kredit. Setelah mengisi formulir pengajuan kredit, maka silahkan lampirkan persyaratan pengajuan kredit yang diminta oleh pihak Bank Kalbar.

5. Menyerahkan Agunan/Jaminan

Setelah semua prosedur telah Anda lalui. Maka langkah terakhir adalah, Anda diminta untuk menyerahkan bukti agunan/jaminan seperti SHM, SGHB, BPKB, STNK, dan jaminan berharga lainnya

Kelebihan dan Kekurangan Dalam Mengajukan Pinjaman Melalui Bank Kalbar

Bank Kalbar ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan dalam memberikan pinjaman, terutama pinjaman kredit usaha mikro (KUM) sejahtera. Oleh sebab itu, ini dia beberapa kelebihan dan kekurangan dalam mengajukan pinjaman melalui Bank Kalbar

1. Kelebihan

• Dana Pinjaman Yang Cukup Besar

Kelebihan pertama adalah, Anda mendapatkan kesempatan maksimum kredit antara 5 juta hingga 50 juta dalam 1 kali peminjaman.

• Tenor Pinjaman Cukup Panjang

Untuk lama pinjaman ini dapat Anda atur sendiri. Lama tenor pinjaman kredit usaha mikro (KUM) sejahtera ini hingga 3 tahun (36 bulan)

2. Kekurangan

• Hanya Dapat Diajukan Oleh Masyarakat Kalimantan Barat

Untuk mendapatkan kredit usaha mikro (KUM) sejahtera dari Bank Kalbar ini, maka Anda wajib berdomisili atau ber-KTP provinsi Kalimantan Barat

Bank Kalbar adalah salah satu bank yang dikelola oleh pemerintah daerah. Tujuannya adalah, untuk mensejahterahkan masyarakat dari provinsi Kalimantan Barat. Salah satu produk yang mampu mengangkat perekonomian masyarakat Kalimantan Barat adalah memberikan kredit usaha mikro (KUM) sejahtera, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kalimantan Barat.