Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan
Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Konsumtif.comManfaat Kapulaga Untuk Kesehatan – Kapulaga sering digunakan sebagai bumbu makanan, bahan pembuatan sabun, krim kecantikan, dan parfum. Kapulaga adalah sejenis bumbu yang memiliki rasa kuat dan sedikit manis.

Ekstrak biji, minyak dan kapulaga memiliki khasiat penyembuhan dan sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Kandungan dalam kapulaga mampu mengobati kejang usus, membunuh beberapa bakteri jahat, mengurangi pembengkakan, dan membantu sistem kekebalan tubuh.

Baca juga : Manfaat Tumbuhan Untuk Kesehatan Manusia

1. Sifat antioksidan dan diuretiknya mampu menurunkan tekanan darah

Manfaat pertama kapulaga, yang membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Antioksidan dalam kapulaga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Rempah-rempah seperti Kapulaga dapat menurunkan tekanan darah karena efek diuretiknya.

Artinya, Manfaat kapulaga ini dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil untuk menghilangkan air yang menumpuk di dalam tubuh, termasuk di sekitar jantung.

2. Menurunkan Risiko Mengembangkan Sel Kanker

Senyawa dalam kapulaga membantu melawan sel kanker. Penelitian pada sel kanker manusia dan kapulaga menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam bumbu Kapulaga dapat menghentikan sel kanker mulut dalam tabung reaksi berkembang biak.

Baca juga : Manfaat sayur bagi kesehatan anak

Melindungi terhadap penyakit Kronis berkat efek anti-inflamasi
Manfaat kapulaga selanjutnya, yaitu karena kaya akan senyawa yang dapat melawan peradangan. Peradangan terjadi ketika tubuh terkena zat asing. Peradangan jangka panjang dapat menyebabkan penyakit kronis. Seperti disebutkan sebelumnya, Kapulaga mengandung antioksidan.

3. Membantu mengatasi masalah pencernaan dan bisul

Manfaat kapulaga ternyata berpengaruh pada masalah pencernaan. Kapulaga sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk meredakan ketidaknyamanan gastrointestinal dengan gejala mual dan muntah. Manfaat kapulaga mampu meredakan masalah perut dan mempercepat penyembuhan.

Manfaat kapulaga juga dapat mengatasi masalah pencernaan lainnya seperti bisul, melindungi pencernaan dari Helicobacter pylori, bakteri yang terkait dengan perkembangan sebagian besar masalah tukak lambung.

Baca juga : Tips Mengatasi Kulit Kering Secara Alami Dan Mudah

Selanjutnya, manfaat Kapulaga dapat mengatasi bisul. Jika Anda memiliki bisul, kapulaga juga dapat digunakan sebagai obat untuk pengobatan masalah kulit ini karena sifat antibakterinya.

4. Mengobati masalah bau mulut dan gigi berlubang

Manfaat kapulaga juga sering digunakan untuk mengobati bau mulut dan meningkatkan kesehatan mulut termasuk mencegah gigi berlubang. Kapulaga dapat membantu menyegarkan nafas karena kemampuannya melawan bakteri termasuk bakteri penyebab bau mulut.

5. Mengobati Infeksi

Minyak atsiri dan ekstrak kapulaga dianggap lebih efektif daripada obat-obatan medis standar yang sering digunakan untuk melawan

6. Meningkatkan pernapasan dan penggunaan oksigen

Senyawa dalam Kapulaga dapat membantu meningkatkan aliran udara ke paru-paru dan meningkatkan pernapasan. Ketika digunakan dalam aromaterapi, Kapulaga dapat memberikan aroma menyegarkan yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen selama berolahraga.

Diduga juga, manfaat Kapulaga dapat meningkatkan pernapasan dan penggunaan oksigen adalah dengan merelaksasi jalan napas. Itulah sebabnya Kapulaga dapat membantu mengobati asma.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bila dikonsumsi dalam bentuk bubuk, manfaat Kapulaga dapat menurunkan gula darah. Mengkonsumsi teh hitam dengan tiga gram kayu manis, kapulaga, atau jahe setiap hari selama delapan minggu diperkirakan dapat menurunkan kadar gula darah.

Anda dapat meminta informasi lebih lanjut tentang manfaat kapulaga melalui aplikasi Halodoc. Anda juga bisa membeli obat dan vitamin yang dibutuhkan melalui aplikasi Halodoc tanpa harus keluar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *