Wujudkan Misi Bantu UMKM, Bank DKI Syariah Punya IB Mikro Syariah

Bagi sebagian orang mengajukan pinjaman pada bank syariah dinilai lebih tepat, karena terhindar dari riba, cepat dan lebih aman. Terutama pemilik usaha menengah hingga mikro yang butuh suntikan dana segar. Dengan misi jadi mitra dunia usaha yang berkontribusi melejitkan UMKM dan tabel pinjaman Bank DKI Syariah lengkap, Bank DKI Syariah menjawab kebutuhan tersebut melalui iB Mikro Syariah.

Sebenarnya produk pembiayaan atau pinjaman yang disediakan bank ini cukup banyak, seperti KPR, modal kerja, investasi, beragun tunai dan gadai emas. Tapi iB Mikro Syariah merupakan yang paling banyak dipilih oleh nasabah.

Syarat Pinjaman

Jenis pinjaman di Bank DKI Syariah iB Mikro Syariah mengatur beberapa persyaratan bagi calon nasabahnya, sebelum diputuskan berhak menerima pinjaman atau tidak. Selain warna negara Indonesia berusia 21 tahun ke atas, syarat berikut juga wajib dipenuhi sebelum memulai proses pengajuannya.

  • Fotokopi identitas diri calon nasabah dan pasangannya seperti KTP yang masih dinyatakan berlaku.
  • Fotokopi dari kartu keluarga dan surat nikah atau buku nikah bagi yang sudah menikah. Sedangkan bagi calon nasabah yang belum menikah, selain KK harus melampirkan surat keterangan dari pihak kelurahan yang menyebutkan statusnya belum menikah.
  • Surat izin usaha yang dimiliki calon nasabah, atau bisa juga surat keterangan usaha yang menyebutkan bahwa usaha yang akan dibiayai itu merupakan milik calon nasabah
  • Menyertakan bukti pinjaman dari jasa keuangan atau perbankan lain yang sedang dalam proses angsuran oleh calon nasabah, minimalnya enam bulan terakhir.
  • Dokumen agunan yang lengkap, baik itu untuk agunan berupa tanah, kendaraan, tanah dan bagunan atau deposito.

Prosedur Pengajuan Pinjaman

Untuk mengajukan pinjaman atau pembiayaan iB Mikro Syariah, Anda harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh pihak Bank DKI Syariah. Sama halnya dengan pengajuan permohonan pinjaman lainnya, Anda bisa mendatangi kantor bank tersebut, bisa langsung ke kantor pusatnya, atau melalui kantor Cabang yang tersebar di berbagai daerah terutama di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Pihak bank secara langsung akan memeriksa kelengkapan dokumen yang Anda serahkan, apakah sesuai dengan ketentuan atau tidak. Jika terdapat kekurangan biasanya pihak bank akan meminta Anda untuk melengkapinya terlebih dahulu sebelum diproses lebih lanjut. Jika Anda kesulitan tentang kelengkapan dokumen, ada telemarketing atau customer service yang siap menjelaskannya.

Setelah itu proses dilanjutkan dengan keputusan akhir dari Bank DKI Syariah apakah Anda layak menerima pinjaman atau pembiayaan yang diajukan. Beberapa acuannya adalah dokumen, tabel pinjaman Bank DKI Syariah dan beberapa hal lainnya. kalau masuk kriteria, maka Anda akan dikonfirmasi untuk menerima pinjaman tersebut

Tips Pengajuan Kredit Disetujui

Mau tahu tips agar pengajuan permohonan pinjaman di Bank DKI Syariah disetujui? Tips pertama adalah Anda harus menyesuaikan keuangan yang ada dengan jumlah pinjaman yang diajukan. Contohnya Anda mengajukan pinjaman Rp 10 juta dengan jangka waktu pengembalian 12 bulan, apakah keuangan Anda memadai untuk melakukan angsuran sesuai tenor tersebut atau tidak.

Kedua, jangan lupa untuk memastikan kelancaran angsuran pembiayaan di bank atau jasa keuangan lain. Karena biasanya akan menjadi salah satu acuan untuk menerima atau menolak permohonan pinjaman. Ketiga adalah dokumen yang diajukan harus valid dan bisa dipertanggung jawabkan, jangan hanya karena ingin cepat dapat dana pinjaman Anda malah menghalalkan cara yang salah.

Kelebihan Dan Kekurangan

Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan pada jenis pinjaman uang Bank DKI Syariah iB Mikro Syariah ini. Anda sebaiknya paham terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman, agar benar-benar memberikan efek positif bagi usaha yang sedang Anda geluti saat ini.

– Kelebihan

  1. Sesuai syariat Islam dan anti riba
  2. Pelayanan maksimal dan juga ramah dari customer service
  3. Mudah dalam mempersiapkan dokumen dan pengajuan
  4. Jumlah pinjaman bervariasi dari yang terendah Rp5juta hingga tertinggi Rp500 juta

– Kekurangan

  1. Hanya khusus bagi pebisnis UMKM yang berada di wilayah kerja Bank DKI Jakarta Syariah

Semoga informasi tentang iB Mikro Syariah dapat membantu Anda yang sedang bingung mencari jasa perbankan untuk jadi tempat mengajukan permohonan pinjaman. Jangan lupa untuk memastikan informasi pinjaman melalui tabel pinjaman Bank DKI Syariah terbaru agar Anda bisa mempersiapkan segala sesuatu dengan lebih matang.