Cara Investasi Saham Di Pasar Modal
Cara Investasi Saham Di Pasar Modal

Cara Investasi Saham Di Pasar Modal

142 View

Konsumtif.com – Umumnya, setiap kegiatan yang dilakukan hari ini tetapi yang memiliki “hari gajian” di kemudian hari dapat digambarkan sebagai investasi. Investasi melibatkan menunda konsumsi Anda hari ini untuk menempatkan tabungan anda di mana mereka dapat tumbuh lebih banyak di masa depan.

Ini adalah kegiatan yang melibatkan menempatkan modal ke dalam bisnis dengan harapan menghasilkan pendapatan dan karena itu kembali sebagai kompensasi untuk modal.

Investasi adalah kondisi yang diperlukan untuk menciptakan kekayaan. Investasi membantu dalam mewujudkan impian seseorang seperti membeli rumah, kendaraan, pertanian, pabrik, bisnis, atau bahkan pendidikan.

Investasi menempatkan tabungan Anda bekerja untuk mendapatkan pengembalian. Tidak mungkin menciptakan kekayaan tanpa berinvestasi.

Investasi memberi Anda kunci untuk mengamankan masa depan. Berinvestasi dapat membuat Anda memiliki masa pensiun yang nyaman.

Investasi adalah praktik yang dihormati waktu untuk meningkatkan kekayaan anda. Saham dan obligasi adalah produk yang paling umum untuk diinvestasikan di pasar modal.

Obligasi adalah utang. Ketika Anda membeli obligasi Treasury yang diterbitkan oleh pemerintah Anda adalah pemberi pinjaman dan pemerintah adalah peminjam.

Sama halnya, ketika Anda membeli obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan, perusahaan adalah peminjam dan Anda adalah pemberi pinjaman. Obligasi akan berjanji untuk membayar Anda pendapatan bunga secara berkala.

Saham adalah unit kepemilikan dalam suatu perusahaan. Ketika Anda membeli saham di perusahaan, Anda menjadi salah satu pemilik perusahaan sejauh kepemilikan saham Anda.

Anda berpartisipasi dalam urusan perusahaan melalui hak suara Anda di rapat umum. Ketika perusahaan melaporkan keuntungan dan memutuskan untuk mendistribusikan keuntungan, Anda dibayar pendapatan dividen.

Seorang investor adalah siapa saja yang memutuskan untuk menempatkan sebagian dari dananya dalam investasi untuk keuntungan masa depan.

Misalnya, Pak Rukara yang telah memutuskan untuk menggunakan 10% dari gaji bulanannya untuk membeli saham atau obligasi dapat digambarkan sebagai investor. Seorang investor memiliki beberapa karakteristik termasuk tujuan investasi, cakrawala waktu untuk investasinya, harapan pengembalian dan uang untuk diinvestasikan.

Waktu terbaik untuk memulai investasi adalah sekarang. Umumnya, semakin awal Anda memulai hidup, semakin lama waktu yang anda miliki untuk berinvestasi.

Investasi tidak seharusnya dilakukan secara pasif. Penting bagi investor untuk secara aktif mengikuti atau memantau investasinya.

Pemantauan investasi Anda melibatkan menjaga mata Anda pada perkembangan dalam perusahaan Anda diinvestasikan dalam, pasar saham dan ekonomi secara keseluruhan.

Ini adalah “tangan” jenis bisnis. Untuk investor di Pasar OTC Rwanda, Anda dapat memantau investasi Anda dengan menjaga jalur komunikasi aktif dengan broker Anda, dengan membaca halaman bisnis surat kabar, mendengarkan stasiun FM lokal dan TV atau hanya mengunjungi situs web CMAC atau mengunjungi kantor CMAC.

Seorang calon investor di ROTC harus membuka rekening dengan rumah pialang sebelum melakukan perdagangan sekuritas.

Proses membuka akun sangat sederhana dan dimulai dengan melakukan kontak dengan broker pilihan Anda.

Investor kemudian menyelesaikan pesanan pembelian (atau pesanan penjualan) yang memberikan rincian pribadi (termasuk alamat kontak dll) dan instruksi pada transaksi (itulah keamanan untuk membeli/menjual, harga transaksi, dll).

Di mana investor bermaksud untuk menjual sekuritas, ia akan diminta untuk menyerahkan sertifikat keamanannya. Dalam hal pembelian, investor akan diminta untuk melakukan setoran yang mencakup nilai transaksi.

Hanya anggota yang berwenang (pialang saham) yang dapat berdagang di pasar naik. Anggota resmi adalah broker saham yang telah diakui oleh CMA untuk menjadi pedagang sekuritas.

Perdagangan di pasar RSE berlangsung setiap hari kerja dalam seminggu dari pukul 09.00 pagi hingga 12 siang. Perdagangan terbuka untuk masyarakat umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.