Tips Memilih Ikan Segar
Tips Memilih Ikan Segar

Tips Memilih Ikan Segar

54 View

Konsumtif.comApakah sobat pernah membeli ikan tetapi sudah bau menyengat, bah itu tandanya ikan tersebut sudah tidak segar lagi.

Hati-hati jika memilih ikan yang akan dibeli, apalagi untuk dikonsumsi sendiri bersama keluarga dirumah. Khawatir akan menyebabkan efek samping yang tidak baik pasca dimakan.

Beberapa jenis ikan dapat menyebabkan rasa gatal-gatal pada bagian tubuh karena sudah tidak segar lagi.

Tips Memilih Ikan Segar

Maka dari itu perlu kiranya mengetahui tips memilih ikan segar diantaranya sebagai berikut :

  1. Mata, Mata ikan segar tampak bening dan jernih dengan warna hitam di bagian tengahnya. Sedangkan untuk mata yang sudah tidak seger lagi nampak ke abu-abuan dan ada bagian kuningnya.
  2. Insang. Periksa penutup insang pada sisi kepala ikan. Ciri-ciri ikan seger, pada bagian insangnya nampak terlihat merah ati jernih. Sedangkan untuk ikan yang sudah lama pada bagian insang terlihat kusam.
  3. Kulit dan sisik. Salah satu cara mudah memilih ikan segar adalah dengan mengamati warna kulit yang masih jernih dan tidak banyak goresan atu luka-luka.
  4. Perut. Pada bagian perut masih kencang dan tidak pecah perut.
  5. Bau. Yang paling mudah dibedakan yaitu penciuman, dari jarak jauh saja sudah bisa membedakan. Jika ikanya bau busuk menyengat sudah pasti tidak segar lagi.

Nah itulah Tips Memilih Ikan Segar terutama bagi para bunda, agar tidak salah memilih ikan segar untuk dimasak dan dihidangkan dimeja makan bersama keluarga.

Lau apakah kalian tahu, bahaya jika mengkonsumsi ikan busuk ?

Ikan yang tidak segar atau sudah busuk sangat berisiko membawa penyakit dan bisa saja membuat keracunan makanan, karena pada daging ikan yang membusuk bisa jadi tempat berkembang biak bakteri.

Contoh ikan segar

Ikan tuna segar
Ikan Cakalang Segar
Ikan layur segar

Kesimpulan

Kesimpulannya jika bunda mau membeli ikan segar, silahkan datang langsung ke pelelangan. Jika ikut lelang otomatis sudah pasti mendapatkan ikan segar.

Akan tetapi jika membeli dalam jumlah sedikit di pasar ikan, silahkan praktekan apa yang admin bahas diatas tentang bagaimana cara memilih ikan segar.

Nah setelah membaca artikel ini, mengkin dapat menambah wawasan anda sekalian untuk tidak lagi mengkonsumsi ikan yang sudah busuk dan sudah berbau.

Selamat mencoba dan semoga berhasil

Gallery for Tips Memilih Ikan Segar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *