Ketahui Apa itu Pembiayaan atau Kredit Mobil Syariah? Ini Penjelasannya
Ketahui Apa itu Pembiayaan atau Kredit Mobil Syariah? Ini Penjelasannya

Ketahui Apa itu Pembiayaan atau Kredit Mobil Syariah? Ini Penjelasannya

608 View

Konsumtif.comKetahui Apa itu Pembiayaan atau Kredit Mobil Syariah? Ini Penjelasannya. Pembiayaan atau pinjaman mobil Islami bisa menjadi alternatif bagi teman-teman yang ingin memiliki mobil.

Pasalnya, pembiayaan mobil syariah umumnya menggunakan kontrak Murabahah, yaitu jenis kontrak jual beli berbasis syariah dengan mengkonfirmasikan harga perolehan dan margin keuntungan kepada pembeli. Keuntungan ini diperoleh dengan kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Dengan adanya kontrak jual beli, Anda dapat mengetahui margin keuntungan yang diambil oleh lembaga pembiayaan, sehingga proses pembiayaan mobil Syariah berjalan secara adil, transparan, dan tidak menimbulkan prasangka antara Anda sebagai konsumen dan lembaga pembiayaan sebagai penyedia jasa.

Selain itu, pembiayaan atau pinjaman mobil Syariah juga memberikan tenor yang cukup menarik, yaitu maksimal lima tahun. Jadi, Anda bisa lebih leluasa mengelola pengeluaran dan memilah penggunaan dana berdasarkan tingkat urgensinya.

Baca Juga: New Peluang Bisnis Dengan Modal Kecil Untung Besar

Manfaat Pembiayaan Mobil Syariah

Ketika mobilitas sehari-hari meningkat, banyak orang membutuhkan mobil sebagai transportasi sehari-hari mereka. Dengan begitu, banyak orang juga mengajukan pembiayaan atau kredit mobil untuk memenuhi kebutuhannya.

Namun, beberapa orang enggan mengajukan pembiayaan mobil karena ada bunga yang memberatkan. Bahkan, saat ini sudah ada layanan pembiayaan atau Kredit Mobil Syariah.

Bahkan, pembiayaan atau Kredit Mobil Syariah bisa menguntungkan teman-teman karena manfaat lembaga pembiayaan sudah diinformasikan sejak awal.

Tidak hanya itu, berikut adalah beberapa manfaat Pembiayaan atau Kredit Mobil Syariah yang dapat diperoleh:

Angsuran tetap

Seperti yang Anda ketahui, pembiayaan atau Kredit Mobil Syariah menggunakan kontrak Murabahah, sehingga jumlah pokok pembiayaan dan keuntungan telah diinformasikan terlebih dahulu oleh lembaga pembiayaan sebagai penjual. Ini akan membuat perencanaan keuangan teman Anda lebih matang.

Keunggulan ini menjadikan layanan pembiayaan atau Kredit Mobil Syariah menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk mendukung mobilitas sehari-hari mereka.

Karena transparansi dalam menggunakan sistem bagi hasil, itu membuat lebih mudah bagi teman-teman untuk memiliki kendaraan dengan harga yang lebih masuk akal.

Namun, sebelum mengajukan pembiayaan atau kredit mobil Syariah, pastikan Anda membuat proyeksi pendapatan yang bisa anda dapatkan selama masa cicilan, sehingga tidak akan terasa berat selama Anda Membayar Cicilan Kredit Mobil Syariah atau pembiayaan.

Keterlambatan sanksi disalurkan ke dana kebajikan
Dalam layanan pembiayaan atau pinjaman mobil Syariah, tidak ada penalti jika Anda terlambat membayar cicilan.

Baca Juga: Cara Sukses Menjalankan Bisnis Di Usia Muda

Namun, ada istilah lain yang disebut Ta’zir, yaitu sejumlah dana tertentu yang harus dibayarkan jika teman terlambat membayar cicilan dengan tujuan agar teman lebih disiplin. Namun, dana tersebut tidak akan diambil oleh lembaga pembiayaan, tetapi akan disalurkan sebagai dana kebajikan.

Meskipun dalam pembiayaan atau Kredit Mobil Syariah tidak mengenakan denda, teman-teman tetap harus membayar cicilan sesuai waktu yang ditentukan.

Sebab, sejarah pembayaran cicilan bisa sangat membantu teman-teman untuk mendapatkan akses pembiayaan dana yang lebih luas.

Nah, itulah beberapa keuntungan dari Keuangan Islam. Apakah teman-teman lebih percaya diri untuk mengajukan pembiayaan atau Kredit Mobil Syariah?

Namun sebelum itu, akan lebih baik jika teman-teman mengetahui tips pengajuan pembiayaan agar berjalan lancar dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.