Cara Scan Barcode BPOM Tanpa Aplikasi
Cara Scan Barcode BPOM Tanpa Aplikasi

Cara Scan Barcode BPOM Tanpa Aplikasi

3401 View

Konsumtif.com– Hallo good people, kembali lagi dengan admin yang akan memberikan informasi yang pastinya sangat penting. Dalam artikel kali ini admin akan membahas Cara Scan Barcode BPOM Tanpa Aplikasi.

Jika kalian ingin membeli produk atau makanan ada baiknya kalian scane barcode yang ada di produk atau makanan. Supaya kalian tahu apakah produk atau makana sudah memiliki edar dari Badan Pemerikasaan Obat Dan Makan (BPOM).

Hal tersebut tentunya sangat wajib untuk kita teliti supaya kita tahu mengenai produk atau makanan. Biasanya kalau dilabel ada tulisaan BPOM, berarti produk tersebut sudah memiliki izin edar dari pihak BPOM.

Untuk kalian yang ingin tahu cara scan barcode BPOM tanpa harus menggunakan aplikasi, kalian bisa simak pembahasan ini sampai tuntas.

Baca juga : Cara Mengubah Kuota Tiktok Menjadi Kuota Reguler Tanpa Aplikasi Kuota Tiktok Tri

Cara Scan Barcode BPOM Tanpa Aplikasi

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau disingkat Badan POM adalah lembaga di Indonesia yang bertanggung jawab untuk mengawasi peredaran obat dan makanan di Indonesia.

Dengan nomor registrasi BPOM, setidaknya kita bisa yakin bahwa produk tersebut aman dan layak untuk digunakan. Jadi ketika sudah tahu kalian tidak ragu untuk menggunakan barang yang sudah memiliki edar BPOM.

Sedangkan untuk memverifikasi keasliannya, Anda bisa mengikuti cara cek produk ori dengan barcode pada produk kosmetik Anda menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi melalui website BPOM.

Baca juga :

Cara Scan Barcode BPOM Online

Disini admin ada beberapa langkah untuk scan barcode BPOM secara online. Tidak usah lama-lama langsung saja kalia simak pembahasan yang akan admin berikan dibawah ini.

  1. Instal aplikasi BPOM Mobile
  2. Aplikasi BPOM Mobile tersedia di Google Play Store dan App Store.
  3. Pemindaian Barcode BPOM
  4. Pilih menu Pemindaian Produk.
  5. BPOM Mobile memiliki empat menu yaitu Product View, Complaint, Cek Izin Distribusi, dan News. Untuk memindai barcode atau kode QR kosmetik di aplikasi BPOM Mobile, pilih menu pemindaian produk.
  6. Arahkan kamera ke barcode kosmetik
  7. Pastikan kalian memiliki pencahayaan yang baik untuk melihat barcode dengan jelas dan kalian dapat memeriksa kosmetik kalian dengan aplikasi seluler BPOM ini.
  8. Klik tombol kamera untuk mengambil foto kode batang atau kode QR.
  9. Foto barcode produk kosmetik atau skincare Anda. BPOM nantinya akan memberikan informasi mengenai produk yang kalian beli.
  10. Jika barcode yang kalian scan tidak menampilkan informasi apapun, berarti produk kosmetik yang kalian beli tidak terdaftar di BPOM atau terjadi kesalahan saat memindai barcode.

Nah, itulah beberapa langkah atau cara untuk memeriksa barcode yang ada di peralatan kosmetik. Oleh karena itu, silahkan kalian coba cara yang sudah admin berikan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.