Asuransi Dana Pensiun Untuk Hari Tua
Asuransi Dana Pensiun Untuk Hari Tua

Asuransi Dana Pensiun Untuk Hari Tua

88 View

Konsumtif.com – Menurut anda, siapakah orang yang paling bertanggung jawab terhadap diri anda saat memasuki hari tua ? Saat diri anda menginjak usia tidak produktif lagi ?

Bagaimana dengan dana yang akan anda butuhkan di masa tua ? Hal itu akan sangat penting sekali anda pikirkan sejak saat ini juga.

Konsisten untuk berhemat dan tidak menjadikan diri anda sebagai pribadi yang tergolong kedalam kategori orang yang sering berfoya-foya.

Hal ini dianggap dapat menjauhkan anda dari kebebasan dan kendali tas gaya hidup yang anda jalani.

Saat anda memasuki masa pensiun, pastikan anda menikmati hidup sepenuhnya tanpa pernah merasa khawatir akan hal yang akan terjadi di kemudian hari.

Menjadi tua adalah suatu proses kehidupan yang tidak dapat kita hindari, seiring dengan bertambahnya usia maka produktifitas dalam bekerjapun pasti akan menurun.

Dan tentunya untuk mengatasi hal itu, maka para pekerja harus mengambil masa pensiunnya saat menginjak usia tertentu, sistem pensiun di Indonesia juga memang memiliki cakupan yang terbatas.

Survei yang membuktikan tingkat harapan hidup penduduk semakin tinggi, penduduk Indonesia memiliki harapan hidup rata-rata 70 tahun.

Itulah sebabnya, umum bagi orang yang sudah menapaki masa pensiun mencari pekerjaan lain untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dengan adanya peningkatan harapan hidup, dan cakupan sistem pensiun yang terbatas, maka anda perlu untuk memastikan bahwa anda memiliki masa depan pensiun.

Hal itu dapat anda gunakan untuk bisa membiayai saat masa pensiun anda telah tiba pada saatnya nanti.

Banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai polis untuk dana pensiun saat ini di Indonesia. Dan salah satu yang akan kita bahas saat ini adalah asuransi untuk dana pensiun.

Apakah Dana Asuransi Pensiun Penting ?

Apakah Dana Asuransi Pensiun Penting

Menurut data survei harian, dari 60 juta pekerja formal yang ada di indonesia hanya dua persen yang terproteksi oleh program dana pensiun asuransi.

Artinya terdapat 98 persen yang saat ini tidak memiliki jaminan untuk masa pensiun mereka saat ini.

Dari data yang telah kami sebutkan tadi, maka dapat kita simpulkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang masih belum paham akan pentingnya memiliki asuransi pensiun.

Jika anda ingin menikmati masa tua tanpa perlu menurunkan gaya hidup saat ini, maka jawabannya sangat penting sekali.

Sebab dengan adanya asuransi pensiun atau sering kita kenal dengan sebutan dana pensiun, maka anda telah dapat menjaga kondisi keuangan tetap stabil.

Sehingga tetap mampu menanggung kebutuhan keluarga meski sudah tidak bekerja lagi.

Selain itu, peningkatan biaya hidup atau inflasi juga perlu dipertimbangkan menurut data dari Bank indonesia, kenaikan inflasi consumer price index (CPI) di Indonesia berada pada angka rata-rata enam persen.

Oleh karenanya, jika saat ini anda hanya bergantung pada uang tabungan untuk dapat menunjang hari tua anda maka pada akhirnya dana yang terkumpul akan termakan oleh adanya inflasi.

Itulah sebabnya mengapa asuransi dana pensiun itu sangat penting bagi kelangsungan masa tua anda.

Manfaat Asuransi Dana Pensiun

Setelah kami memberikan penjelasan lengkap diatas, maka sekarang anda dapat menyimpulkan sendiri bahwa dana pensiun atau asuransi pensiun itu sangat penting sekali adanya.

Dan berikut ini keuntungan dan manfaat jika anda memiliki asuransi dana pensiun yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Terlindungi dari kseulitan Finansial

Perlu untuk anda pahami bahwa resiko kesulitan finansial bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja orangnya.

Misal, saat anda memasuki usia pensiun atau tidak lagi aktif bekerja, maka biaya uang sekolah untuk anak justru naik mengikuti inflasi tahunan.

Tapa adanya ketersediaan solusi dari asuransi pensiun, maka anda akan menghadapi kesulitan finansial.

2. Santunan Risiko Cacat dan meninggal dunia

Memasuki usia pensiun, risiko sakit hingga meninggal dunia tentu lebih tinggi ketimbang usia produktif.

Oleh karenanya sangat penting sekali bagi kita memiliki asuransi pensiun yang dapat memberikan santunan saat hal-hal yang tidak di inginkan menghampiri.

Tunjangan tersebut tidak lain adalah untuk menjamin biaya hidup keluarga yang ditinggalkan.

Sebagai pelengkap anda juga bisa mendaftarkan diri dalam asuransi kesehatan untuk orang tua.

3. Investasi Terbaik Untuk Hari Tua

Dalam memilih asuransi pensiun, sebaiknya pilih yang anda manfaatkan investasi di dalamnya.

Contohnya, asuransi jiwa unit link yang memberikan manfaat tabungan dalam jangka panjang yang ideal. Namun, biasanya premi asuransi unit link lebih mahal dibandingkan dengan asuransi murni.

Atau pilihan lainnya anda bisa ambil asuransi pensiun dan investasi terpisah, sehingga kedua manfaatnya bisa anda dapatkan dengan maksimal.

Cara Menghitung Dana Pensiun

Cara Menghitung Dana Pensiun

Sebelum memilih asuransi pensiun yang tepat, anda perlu mengetahui lebih dulu berapa dana pensiun yang dibutuhkan. Ini dikarenakan setiap orang memiliki besaran kebutuhan dana pensiun yang berbeda.

Tergantung profil dan gaya hidup nasabah. Nah, cara menghitung dana pensiun sekarang sangat mudah karena bisa menggunakan kalkulator dana pensiun lifepal.

Sebagai ilustrasi untuk menghitung dana yang anda butuhkan untuk asuransi pensiun, silahkan perhatikan pada contoh tabel yang ada di bawah ini :

Usia saat ini30 tahun
Usia pensiun60 tahun
Harapan hidup hingga usia80 tahun
Pengeluaran perbulan saat iniRp 10.000.000
Nilai inflasi tahunan %3%
Saldo tabungan saat iniRp 20.000.000
Bunga Bank Tahunan %6%
Dana Pensiun yang dibutuhkanRp 4.334.666.960

Penutup

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang Asuransi Dana Pensiun Untuk Hari Tua, semoga artikel ini dapat berguna bagi anda yang telah membacanya.

Gallery for Asuransi Dana Pensiun Untuk Hari Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *