Butuh Dana Aman? Lihat Tabel Angsuran Koperasi Berkat

Kamu berdomisili di Bulukumba maupun daerah sekitarnya, maka koperasi yang bisa kamu kunjungi untuk mengajukan pinjaman adalah Koperasi Berkat. Koperasi ini mulai dibangun sejak tahun 1967 di Bulukumba dengan nama Berkat. Kamu pasti penasaran dengan tabel angsuran Koperasi Berkat untuk memutuskan berapa pinjaman diajukan.

Sebelum melihat tabel tersebut, maka kamu perlu untuk mengetahui berbagai macam informasi yang berkaitan dengan koperasi ini. Misalkan saja, syarat pinjaman, prosedur pengajuan pinjaman, tips pengajuan agar disetujui, dan lain sebagainya. Semua itu bisa kamu ketahui dengan melihat informasi berikut ini.

Syarat Mengajukan Pinjaman di Koperasi Berkat

Kamu yang berniat untuk mengajukan permohonan pinjaman dana, perlu untuk menyiapkan dan memenuhi segala persyaratan yang diminta. Beberapa persyaratan tersebut adalah fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi slip gaji, print buku tabungan 3 bulan terakhir, BPJS, dan lain sebagainya.

Syarat pinjaman Koperasi Berkat dari pengaju pinjaman yang lengkap dapat segera diproses oleh karyawan Koperasi dan mempercepat proses persetujuan. Kamu juga kadang akan diminta untuk menyertakan jatah listrik dari rumah kamu. Pastikan kamu akan memilih nominal dana yang sesuai dengan pendapatan kamu.

Prosedur Pengajuan Pinjaman Koperasi Berkat

Prosedur pengajuan dari koperasi ini hampir sama dengan beberapa koperasi lainnya di Indonesia. Pertama, pengaju pinjaman harus mengisi formulir dahulu dan menyertakan dokumen yang diminta oleh karyawan pihak koperasi. Kamu harus mencantumkan nominal dari uang yang kamu perlukan.

Biasanya pihak koperasi akan langsung memberikan penjelasan akan berapa jumlah angsuran untuk masing-masing produk pinjaman koperasi ini. Kamu tidak perlu khawatir mengenai bunga angsuran yang besar setiap bulannya, karena ini koperasi bukan bank. Paling tidak kamu harus membayar bunga sebesar 2,25% setiap bulannya.

Koperasi Berkat ini banyak peminatnya, karena peminjam diharuskan hanya membayar uang angsuran yang terjangkau setiap bulannya. Setidaknya pengajuan dan pembayaran dapat dilakukan di banyak cabang daerah dari koperasi ini.

Tips Pengajuan untuk Mudah Mendapat Persetujuan Pihak Koperasi

Pinjaman pribadi dengan koperasi ini juga memerlukan waktu bagi pihak koperasi untuk memutuskan untuk menyetujui pengajuan pinjaman nasabah. Untuk bisa mempercepat proses persetujuan dari pihak koperasi, maka kamu perlu untuk melengkapi dokumen yang diminta sebagai persyaratan pengajuan pinjaman.

Kamu perlu untuk memilih nominal pinjaman yang tepat sesuai dengan pendapatan setelah dipotong oleh biaya listrik, BPJS, dan biaya hidup. Pastikan kamu memiliki saldo tabungan dengan perkembangan yang baik, terutama di 3 bulan terakhir.

Bisa dikatakan bahwa kamu harus membiasakan menabung setiap bulannya, sehingga koperasi menilai bahwa kamu adalah peminjam yang mampu membayar angsuran secara lancar. Ketika pihak koperasi menilai demikian, sudah pasti proses persetujuan pengajuan peminjaman akan menjadi cepat.

Pada saat memutuskan untuk meminjam dana Rp 35.000.000 dengan penghasilan yang pas, maka disarankan untuk memilih lama angsuran 3 tahun. Hal tersebut memungkinkan kamu untuk membayar cicilan yang kecil setiap bulannya dengan dana pinjaman yang maksimal. Usahakan untuk selalu membayar tepat waktu juga saat sudah disetujui.

Baca Juga : Pinjam Dana dan Lihat Tabel Angsuran Koperasi Jaya Mandiri

Kelebihan dan Kekurangan Koperasi Berkat

Setiap koperasi sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan yang kamu bisa peroleh dengan mengajukan pinjaman ke koperasi ini yakni:

  • Suku bunga pinjaman koperasi 2019 yang rendah dan hanya sebesar 2,25% saja.
  • Kamu juga akan bisa membayar angsuran dalam rentang waktu yang cukup lama mulai dari 12, 18, 24, sampai 36 bulan. Hal tersebut akan membuat kamu sedikit tidak kelimpungan untuk membayar hutang, karena pendapatan setelah dipotong angsuran masih banyak sisanya dan bisa kamu gunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Kekurangan dari Koperasi Berkat adalah kamu perlu bertanya dahulu adanya jaminan yang harus diajukan pada saat mengajukan pinjaman dengan dana pinjaman yang besar. Biasanya kamu perlu untuk menyertakan jaminan berupa BPKB kendaraan bermotor atau sertifikat bangunan.

Apabila kamu harus memilih antara menyertakan sertifikat rumah atau BPKB sebagai jaminan, maka sebaiknya kamu sertakan jaminan berupa BPKB saja. Nilai sertifikat rumah lebih berharga daripada nilai BPKB motor, karena tidak mungkin ada tanah yang harganya Rp35.000.000 saja di zaman sekarang.

Tabel Angsuran Koperasi Berkat

tabel angsuran koperasi berkat

Kamu saat ini sudah memahami informasi yang berkaitan dengan syarat, prosedur pengajuan, tips mendapatkan persetujuan, kelebihan, dan kekurangan dari Koperasi Berkat. Sekarang saatnya kamu untuk mengetahui kisaran tabel angsuran dari Koperasi Berkat yang ada pada tabel berikut ini.

Tabel tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga hanya bisa kamu jadikan patokan untuk pengambilan keputusan dalam pemilihan besarnya nominal dana yang akan diajukan. Kamu harus mempertimbangkan bahwa pendapatan kamu cukup untuk membayar angsuran dengan lancar setiap bulannya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai koperasi ini dan tabel angsuran Koperasi Berkat yang terbaru, kamu perlu untuk konsultasi langsung. Pastikan kamu untuk memahami seluruh peraturan yang ada. Apabila kamu sudah memahami, maka kamu juga bisa saja menyebarkan informasi ini kepada teman atau keluarga yang memerlukan pinjaman.

Tinggalkan komentar