MOPINJAM Aplikasi Pinjaman Online untuk Pemilik Usaha dan Karyawan

Semakin hari kebutuhan manusia semakin bertambah. Namun, bertambahnya kebutuhan manusia tidak diimbangi dengan bertambahnya penghasilan. Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini banyak orang mopinjam uang online

Semakin banyak minat masyarakat akan pinjaman uang online, maka semakin banyak layanan jasa keuangan yang merilis financial technology (fintech).

Saat ini, banyak sekali fintech yang menawarkan berbagai kemudahan, seperti: pinjaman tanpa DP (down payment), pinjaman uang tanpa jaminan hingga pinjaman uang cepat langsung cair.

Pastinya, tren fintech tersebut akan membuat Anda bingung memilih layanan jasa pinjaman online. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada layanan fintech Mopinjam.

Untuk keterangan lebih lanjut tentang jasa layanan pinjaman online yang satu ini, simak penjelasan berikut.

Apa Itu MOPINJAM?

MOPINJAM merupakan salah satu financial technology yang memberikan layanan pinjaman uang online bagi karyawan UMKM yang menggunakan platform HR dan payroll berbasis aplikasi MODANA.

Artinya, jika Anda pemilik usaha dan ingin menfasilitasi karyawan Anda dengan pinjaman uang online, Anda dapat menggunakan fintech ini.

Perlu Anda ketahui, fintech ini dirilis oleh PT Amanah Karyananta Nusantara. Adapun tujuan dirilisnya fintech ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada pemberi pinjaman (pemilik usaha) dan penerima pinjaman (karyawan). 

Bagi Anda pemilik usaha baik UMKM dan pengusaha besar, jangan ragu untuk menggunakan layanan fintech ini.

Hal tersebut karena layanan jasa fintech ini sudah terdaftar pada lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, penerima pinjaman (karyawan) juga tidak perlu takut terlilit cicilan pinjaman karena cicilan akan autodebet dengan gaji pada aplikasi MODANA.

Produk MOPINJAM yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda karyawan, tentunya Anda bertanya-tanya apa saja produk fintech yang satu ini.

Pastinya, produk yang ditawarkan dinilai menguntungkan karyawan sebagai penerima pinjaman. Adapun produk yang ditawarkan adalah sebagai berikut.

1. MOCEPAT

MOCEPAT merupakan salah satu produk MOPINJAM dengan sistem pemberian pinjaman cepat kepada karyawan.

Adapun metode yang digunakan MOCEPAT adalah metode pembayaran pinjaman langsung tanpa mencicil.

Artinya pinjaman dibayarkan sekaligus tanpa cicilan pada saat penggajian. Untuk pinjaman MOCEPAT ini menggunakan tenor sampai dengan satu bulan.

2. MOBISNIS

Siapa bilang karyawan tidak bisa berbisnis? Saat ini karyawan bisa menjalankan bisnis tanpa kekurangan modal.

Caranya dengan menggunakan salah satu MOBISNIS. Produk yang satu ini memang dikhususkan bagi karyawan yang ingin memulai berbisnis, namun kekurangan modal.

3. MOCICIL

Mau pinjam uang tetapi takut tidak bisa membayar? Bagi Anda karyawan yang menggunakan aplikasi MODANA tidak perlu khawatir karena ada produk pinjaman uang online MOCICIL.

Pinjaman uang online yang satu ini merupakan pinjaman uang online kepada karyawan dengan menggunakan metode pembayaran cicilan setiap bulannya. 

Syarat Berlakunya MOPINJAM

Setelah mengetahui produk-produk yang ditawarkan fintech ini, tentunya Anda ingin mengetahui syarat-syaratnya. Adapun syarat berlakunya pinjaman uang online ini adalah sebagai berikut.

1. Syarat Penyedia Pinjaman MOPINJAM

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fintech MOPINJAM merupakan penyedia platform yang menfasilitasi pemberi pinjaman (pemilik usaha yang menggunakan aplikasi MODANA) dengan penerima pinjaman (karyawan).

Jadi, penyedia pinjaman merupakan penyedia platform yang mempertemukan antara pemberi dan penerima pinjaman untuk bekerja sama dalam pinjaman uang online.

2. Syarat Penerima Pinjaman

Adapun syarat penerima mau pinjam uang online MODANA adalah sebagai berikut.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang berumur minimal 18 tahun atau telah menikah. Syarat yang satu ini dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), NPWP sampai dengan data penghasilan.
  • Penerima pinjaman adalah seorang karyawan yang menggunakan aplikasi MODANA. Aplikasi tersebut dapat diunduh di Playstore smartphone Anda.

3. Syarat Pemberi Pinjaman

Syarat pemberi pinjaman yang dapat menggunakan platform fintech ini adalah sebagai berikut.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang berumur minimal 18 tahun atau telah menikah. Syarat yang satu ini dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP dan Surat Izin Usaha sebagai pemilik usaha yang memiliki karyawan.
  • Pemberi pinjaman dianggap sah jika menggunakan aplikasi MODANA.

Cara Mengajukan Pinjaman MOPINJAM yang Perlu Anda Tahu

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana cara mengajukan pinjaman uang online fintech  mau pinjam uang? Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Unduh aplikasi MODANA HR dan Payroll yang tersedia di Google Play Store smartphone Anda.
  2. Setelah Anda unduh, buka aplikasi tersebut kemudian pilih menu MOPINJAM.
  3. Selanjutnya, isi formulir pengajuan pinjaman uang.
  4. Tunggulah dalam waktu 1 – 2 hari kerja sampai proses verifikasi selesai. 
  5. Jika pengajuan pinjaman Anda disetujui dan lolos uji kelayakan kredit, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk proses pencairan dana.

Perlu Anda ketahui, penyedia layanan fintech ini hanya akan menyetujui pinjaman uang online kepada pemohon yang lolos verifikasi dan uji kelayakan kredit.

Metode Pembayaran dan Biaya Pinjaman

Setiap pinjaman uang menggunakan metode pembayaran dan biaya pinjaman tertentu. Adapun metode pembayaran dan biaya pinjaman tersebut adalah sebagai berikut.

1. Metode Pembayaran Pinjaman MOPINJAM

Fasilitas pinjaman fintech yang satu ini memang dinilai menguntungkan. Hal tersebut karena fintech ini menggunakan metode pembayaran autodebet. Artinya pembayaran pinjaman secara langsung dipotong pada saat penggajian.

Oleh karena itu, penerima pinjaman harus memastikan saldo di aplikasi MODANA cukup pada saat transaksi autodebet.

Jika terjadi gangguan pada sistem di mana saldo MODANA tidak terpotong automatis, Anda dapat menghubungi customer service.

2. Biaya Pinjaman MOPINJAM

Memang banyak sekali fintech yang menawarkan pinjaman uang online dengan berbagai kemudahan.

Namun, pinjaman uang online yang ada membebani peminjam dengan biaya-biaya.

Berbeda dengan MOPINJAM yang tidak membebani penerima pinjaman dengan biaya-biaya pinjaman.

Adapun biaya pinjaman yang dikenakan kepada penerima pinjaman adalah sebagai berikut.

  • Biaya jasa atau administrasi merupakan biaya yang dibebankan kepada penerima pinjaman di awal waktu sebelum dana dicairkan.
  • Biaya keterlambatan adalah biaya yang dibebankan kepada penerima pinjaman karena penerima pinjaman terlambat membayar cicilan. Umumnya, keterlambatan cicilan ini terjadi pada saat saldo MODANA tidak mencukupi saat proses autodebet pada saat penggajian.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online MOPINJAM

Tentu saja, setiap platform pinjaman uang online memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan fintech yang satu ini. Adapun kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut.

1. Kelebihan

Kelebihan pinjaman online fintech yang satu ini pastinya belum dimiliki oleh fintech lainnya. Adapun kelebihannya sebagai berikut.

Bagi Pemberi Pinjaman

  • Pemberi pinjaman dapat menggunakan berbagai macam fasilitas untuk mengelola data karyawan, seperti: aplikasi absensi gratis, pengelolaan laporan keuangan sampai dengan perhitungan dan pembayaran gaji secara digital.
  • Piutang Anda dijamin kembali karena fintech ini menggunakan metode pembayaran autodebet yaitu pemotongan gaji secara langsung.
  • Pengelolaan manajemen sumber daya manusia dan keuangan di perusahaan Anda lebih terorganisir.

Bagi Penerima Pinjaman

  • Pengelolaan penghasilan Anda lebih terorganisir. Hal tersebut karena fintech ini memberikan limit pinjaman yang disesuaikan dengan kelayakan kredit Anda. 
  • Mau pinjam uang lebih mudah, Anda hanya melakukan akses di aplikasi MODANA.
  • Bunga pinjaman rendah. Selain itu, pinjaman online ini tidak banyak membebankan peminjam dengan biaya-biaya.

2. Kekurangan

Memang tidak ada yang sempurna, karena segala sesuatu ada kekurangannya. Begitu juga dengan pinjaman online MOPINJAM.

Adapun kekurangannya adalah hanya dapat digunakan oleh pengusaha atau pelaku usaha dan karyawan yang terdaftar pada platform HR dan Payroll MODANA. 

Namun, jangan khawatir karena Anda dapat segera mendaftarkan diri untuk menggunakan platform HR dan Payroll MODANA.

FAQs

  • Berapa limit pinjaman di MOPINJAM?

Limit pinjaman disesuaikan dengan kelayakan pemohon dan kebijakan yang berlaku.

  • Siapa saja yang dapat melakukan pinjaman di MOPINJAM?

Layanan pinjaman diberikan kepada karyawan perusahaan yang telah menggunakan SDM dan payroll pada aplikasi Modana.

  • Apakah pengajuan pinjaman saya pasti disetujui?

MOPINJAM hanya memberikan pinjaman yang lolos uji kelayakan kredit serta verifikasi data.

  • Berapa lama pencairan dana pinjaman?

Pencairan dana pinjaman dalam 1-2 hari kerja.

Tinggalkan komentar