Tabel Angsuran Koperasi Jaya Mandiri

Di Indonesia, terdapat berbagai koperasi yang menawarkan jasa simpan pinjam. Salah satunya adalah Koperasi Jaya Mandiri. Koperasi ini telah memiliki kantor cabang di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Dalam tabel angsuran Koperasi Jaya Mandiri, terdapat berbagai angsuran yang dapat menjadi pilihan para nasabahnya dalam mengangsur pinjaman yang didapatkan.

Syarat Pinjaman

1. Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia)
2. Tercatat sebagai anggota Koperasi Jaya Mandiri
3. Mengisi formulir pengajuan pinjaman tunai yang disediakan pihak koperasi
4. Fotokopi KTP calon nasabah dan pasangannya apabila telah menikah
5. Fotokopi buku nikah apabila telah menikah
6. Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
7. Slip gaji atau surat keterangan penghasilan
8. Fotokopi rekening listrik selama tiga bulan terakhir
9. Agunan atau jaminan (biasanya berupa BPKB kendaraan bermotor)

Prosedur Pengajuan Pinjaman

Dalam mengajukan pinjaman, nasabah harus mengikuti prosedur yang berlaku. Berikut ini adalah prosedur pengajuan pinjaman di Koperasi Jaya Mandiri.

1. Mengunjungi Koperasi Jaya Mandiri yang ada di kota Anda.
2. Apabila Anda belum terdaftar sebagai anggota Koperasi Jaya Mandiri, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu sesuai ketentuan yang berlaku.
3. Langkah selanjutnya adalah mengajukan pinjaman dana tunai ke koperasi. Anda dapat melakukan konsultasi kepada customer service koperasi terlebih dahulu mengenai pinjaman yang diajukan dan tabel angsuran Koperasi Jaya Mandiri atau bisa juga menanyakan hal lain yang belum jelas bagi Anda.
4. Melengkapi syarat-syarat pengajuan pinjaman yang telah ditentukan. Pastikan dokumen lengkap dan sesuai dengan ketentuan, sebab jika terdapat kesalahan akan menghambat proses pengajuan pinjaman yang Anda lakukan.
5. Melakukan kesepakatan dengan pihak koperasi mengenai angsuran yang dibayarkan apabila dana pinjaman disetujui nantinya.
6. Menunggu keputusan koperasi mengenai pinjaman yang diajukan.
7. Selanjutnya adalah proses pencairan dana tunai. Akan tetapi hanya 90% dana yang cair dari keseluruhan pinjaman yang Anda ajukan. Dan sisanya sebanyak 10% akan masuk ke dalam tabungan Anda yang ada di koperasi.
8. Melakukan proses pengangsuran atau pencicilan sesuai dengan kesepakatan yang telah Anda dan pihak koperasi setujui sebelumnya.

Tips Pengajuan Kredit Disetujui

1. Melengkapi dokumen persyaratan

Melengkapi dokumen persyaratan pengajuan pinjaman ialah kunci utama untuk dapat melakukan tahap atau proses pengajuan selanjutnya. Apabila dokumen-dokumen yang diminta belum lengkap dan benar, maka pengajuan pinjaman Anda tidak akan diproses oleh pihak koperasi.

2. Membayar simpanan pokok dan simpanan wajib

Simpanan pokok wajib dibayarkan saat pertama kali bergabung menjadi anggota koperasi. Sedangkan simpanan wajib dibayarkan pada setiap bulan dengan nominal yang telah ditentukan koperasi dan jumlahnya sama antara anggota satu dengan anggota koperasi yang lainnya.

Dengan Anda rutin membayar simpanan wajib, menunjukkan bahwa Anda merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap tanggungan Anda. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan koperasi dalam hal menyetujui pinjaman yang Anda ajukan.

3. Memilih angsuran yang tepat

Maksud dari angsuran yang tepat adalah sesuai dengan penghasilan bulanan Anda. Jangan memilih angsuran 1/3 di atas gaji Anda, karena kita tidak mengetahui apabila suatu saat terjadi kebutuhan yang mendadak dan mendesak yang membutuhkan biaya lebih. Jadi akan lebih berisiko apabila besar angsuran melebihi 1/3 gaji Anda.

Kelebihan dan Kekurangan

• Suku bunga peminjaman ringan.
• Seluruh anggota koperasi memiliki kewajiban (membayar simpanan pokok dan simpanan wajib) dan hak yang sama.
• Prosedur pengajuan pinjaman tidak menyulitkan nasabah.
• Syarat pengajuan pinjaman mudah untuk dipenuhi oleh nasabah.
• Proses pencairan dana pinjaman yang disetujui cepat dan mudah.
• Terdapat tiga jenis pinjaman yang dapat diajukan yaitu pinjaman bulanan, pinjaman bulanan sementara, pinjaman kredit usaha.
• Tersedia berbagai pilihan angsuran dalam tabel angsuran Koperasi Jaya Mandiri.
• Terdapat biaya pokok saat awal menjadi anggota dan biaya wajib yang dibayarkan setiap bulan.
• Besar pinjaman yang diajukan dibatasi.

Mengajukan pinjaman di koperasi memang memiliki kelebihan tersendiri. Akan tetapi setiap kelebihan pasti memiliki kekurangan. Jadi, bijak-bijaklah kita dalam mengambil keputusan, jangan sampai mengambil keputusan yang salah dan malah merugikan diri kita sendiri.

Tinggalkan komentar