Bank SumselBabel Mobile

Bank Sumsel Babel merupakan salah satu bank yang dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) melalui PT. Bank Pembangunan Daaerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

Untuk Anda yang ingin mengajukan kredit, maka Anda dapat mengajukan pada Bank pembangunan daerah Sumsel. Namun sebelum itu, Anda dapat melihat tabel angsuran pinjaman Bank Sumsel dahulu.

Sebab, Anda dapat mengajukan beberapa pinjaman kredit untuk berbagai kebutuhan Anda, salah satunya adalah Kredit Usaha Kecil Pedesaan (KUPEDES). Kredit ini ditujukan bagi para nasabah yang ingin mengembangkan usaha kecil di pedesaan.

Persyaratan Pengajuan KUPEDES Melalui Bank Sumsel Babel

Meskipun Bank daerah Sumsel dan Babel ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Namun, tetap saja sebagai seorang calon nasabah, maka Anda harus membawa dan melengkapi persyaratan untuk mengajukan KUPEDES ini melalui Bank Sumsel Babel.

Untuk itu, ini dia beberapa persyaratan yang wajib untuk Anda bawa pada saat mengajukan KUPEDES melalui Bank Sumsel Babel. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Berusia minimal 21 tahun
  2. Fotokopi KTP pemohon dan pasangan
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotokopi NPWP (nomor pokok wajib pajak)
  5. Fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  6. Bukti Surat Agunan/Jaminan seperti SHM, SGHB, PBB, dan lain-lain

Nah, syarat-syarat tersebut wajib untuk Anda bawa dan lengkapi pada saat proses pengajuan KUPEDES dan KUR.

Ketentuan Yang Harus Perhatikan Pada Saat Mengajukan KUPEDES Melalui Bank Sumsel Babel

Agar pengajuan pinjaman kredit usaha kecil pedesaan (KUPEDES) disetujui oleh pihak Bank, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai ketentuan-ketentuan dalam mengajukan KUPEDES melalui Bank Sumsel Babel, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Maksimal pemberian kredit adalah 50 juta rupiah
  • Angsuran maksimal adalah 30% dari pendapatan bulanan nasabah
  • Tenor pinjaman maksimal adalah 3 tahun (36 bulan)
  • Suku bunga flat dan mengacu pada ALCO
  • Tidak ada pungutan biaya provinsi dan juga biaya administrasi
  • Asuransi kredit ini ditunjuk langsung oleh pihak teller.
  • Dianjurkan untuk membuka rekening dan menabung di Bank pembangunan daerah babel setidaknya 5% dari total pinjaman KUPEDES yang dicairkan

Jadi, itulah beberapa ketentuan-ketentuan yang wajib untuk Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman KUR dan KUPEDES. Anda wajib mematuhi ketentuan tersebut. Sebab, ketentuan tersebut bersifat mengikat dan wajib dipatuhi oleh Anda selaku nasabah.

Prosedur Pengajuan KUPEDES Melalui Bank Sumsel Babel

Sebelum mengajukan pengajuan kredit usaha kecil pedesaan (KUPEDES) melalui Bank Sumsel Babel, maka Anda harus melewati beberapa prosedur yang telah ditetapkan oleh Bank Sumsel Babel, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengunjungi Bank Sumsel Babel Terdekat

Tahap pertama adalah mengunjungi Bank, nantinya, setelah Anda berada di kantor cabang terdekat, Anda dapat bertanya kepada customer service mengenai KUPEDES.

2. Silahkan Mengajukan Produk Kredit KUPEDES Melalui Customer Service

Setelah Anda dilayani oleh customer service Bank Sumsel Babel, kemudian Anda dapat mengajukan pembiayaan kredit KUPEDES. Nantinya, pihak customer service bank akan memberikan informasi secara lengkap mengenai KUPEDES ini.

3. Melihat Tabel Angsuran Pinjaman Bank Sumsel Babel Untuk Produk KUPEDES

Langkah selanjutnya adalah, Anda dipersilahkan untuk melihat simulasi tabel angsuran pembiayaan produk KUPEDES yang Anda pilih. Pada simulasi tabel angsuran tersebut, Anda dapat menggetahui besaran pinjaman, bunga, dan juga tenor peminjaman.

4. Mengisi Formulir Pengajuan KUPEDES

Setelah Anda melihat simulasi tabel angsuran pembiayaan Bank Sumsel Babel dan menentukan besaran biaya pokok pinjaman. Bisa melalui aplikasi bank sumsel di playstore.

Maka, Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir pengajuan KUPEDES. Silahkan isi biodata diri, nomor telepon dan email aktif.

5. Memberikan Jaminan/Agunan

Tahapan yang terakhir adalah menyerahkan jaminan/agunan. Setelah pengajuan KUPEDES disetujui, maka langkah terakhir adalah memberikan jaminan/agunan kepada CS Bank.

Simulasi Angsuran KUR

simulasi tabel pinjaman bank sumsel

Kelebihan Dan Kekurangan

Mengajukan pinjaman ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, ini dia beberapa kelebihan dan kekurangannya. Diantaranya adalah :

1. Kelebihan

• Proses Cepat

Kelebihan pertama mengajukan pinjaman KUPEDES melalui Bank BPD Babel adalah, proses penanganan hingga pencairan dana kredit ini cukup cepat. Ya, hanya butuh sekitar 3 hingga 5 hari proses kerja untuk pencairan kredit.

• Suku Bunga Flat

Kelebihan kedua adalah suku bungan yang flat. Sehingga, setiap bulannya tidak mengalami kenaikan angsuran. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat tabel angsuran pinjaman Bank BPD Sumsel untuk produk KUPEDES.

2. Kekurangan

• Hanya Untuk Warga Sumatera Selatan dan Bangka Belitung

Sayangnya, produk KUPEDES dari Bank Sumsel Babel ini hanya dikhususkan untuk warga ber-KTP Sumatera Selatan dan Bangka Belitung saja

Bank ini adalah salah satu bank yang dikelola oleh BUMD. Salah satu produk kredit yang dirasa bermanfaat bagi masyarakat Sumatera Selatan serta Bangka Belitung adalah kredit usaha kecil pedesaan dan kredit usaha rakyat yang membantu meningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan.

Tinggalkan komentar