Pinjaman Pensiunan Bank BTPN, Mudah Dan Memuaskan

Sebagai salah satu bank BUMN yang sudah berdiri sejak 1958, BTPN tak mau ketinggalan dalam hal memberikan pelayanan bagi nasabahnya, terutama para pensiunan. Salah satu yang jadi andalan saat ini adalah pinjaman pensiunan, sangat mudah diajukan dan memiliki tabel pinjaman pensiunan Bank BTPN sesuai dengan kebutuhan nasabah. Apa syarat, prosedur dan tips agar bisa disetujui?

Syarat Pinjaman

Untuk mengajukan pinjaman yang dikenal dengan nama produk kredit pensiun sejahtera 24 ini terbilang mudah, karena biasanya pensiunan sudah memiliki semua persyaratannya. Tapi harus dipastikan bahwa Anda akan masuk masa pensiun maksimal 24 bulan lagi. Ini dia syarat lengkapnya.

1. Dokumen asli Surat Keputusan Pensiun (SKEP) dari lembaga tempat Anda bekerja
2. Fotokopi identitas KTP (pastikan masih berlaku)
3. Referensi tentang manfaat pensiun dan Tunjangan Hari Tua (THT)
4. Fotokopi Nomor Pokok Waji Pajak (NPWP)
5. Dokumen untuk mengurus pensiun dan juga THT
6. Dokumen yang dibutuhkan untuk membuka rekening pensiun

Prosedur Pengajuan Pinjaman

Untuk mengajukan aplikasi pinjaman jenis ini, tak membutuhkan proses lama, dimulai dari Anda mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Usahakan semua dokumen sudah lengkap, lalu kunjungi Bank BTPN di daerah Anda untuk mengajukan aplikasi tersebut. Anda akan didampingi oleh customer service untuk menjalani proses ini sampai selesai.

Jika tidak ada kendala berarti maka proses akan selesai di hari yang sama dengan saat Anda mengajukan. Tapi tentu hal itu sesuai dengan kelengkapan yang diberikan, dan antri atau tidaknya nasabah saat Anda akan mengajukannya. Namun pihak bank berhak untuk menolak pengajuan jika Anda tidak memenuhi ketentuan yang berlaku untuk pengajuan.

Tips Pengajuan Kredit Disetujui

Agar pinjaman atau kredit yang Anda ajukan disetujui oleh pihak BTPN, sebaiknya Anda memastikan beberapa hal berikut ini sebelum mengajukannya. Karena tak sedikit yang akhirnya kecewa karena kredit ditolak hanya akibat kesalahan kecil yang sebenarnya bisa diantisipasi sebelumnya.

– Pastikan bahwa Anda tak memiliki catatan kredit bermasalah di Bank manapun sebelum BTPN.
– Pastikan untuk memberikan data dan informasi yang benar pada proses pengajuan. Misalnya, lama bekerja, nama istri, status saat ini, dan informasi lainnya. karena tim survei akan melakukan cross check data Anda untuk memastikannya. Jika tidak benar maka dipastikan pengajuan akan ditolak.
– Pastikan perusahaan Anda memiliki kerjasama dengan BTPN, karena produk ini biasanya diprioritaskan untuk rekanan BTPN.
– Pastikan dokumen yang diberikan sudah lengkap dan sesuai dengan ketentuan. Sering terjadi dokumen tidak memadai seperti manfaat pensiun yang didapat nasabah jumlahnya lebih kecil dari angsuran yang tertera pada tabel pinjaman pensiunan Bank BTPN yang diajukan.
– Pastikan Anda tak memiliki masalah dengan perbankan lain, karena pihak BTPN pasti akan melakukan pegecekan dan bekerjasama dengan BI untuk memastikan Anda tak masuk daftar blacklist.

Kelebihan Dan Kekurangan

Ada berbagai kelebihan dari pinjaman bagi pensiun dari BTPN ini, tapi tetap saja terdapat beberapa kekurangan yang harus jadi bahan pertimbangan Anda sebelum mengajukannya, agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

– Kelebihan

1. Dapat menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan pensiunan setelah tidak bekerja lagi, sesuai dengan alasan pengajuan pinjaman.
2. Ada asuransi jiwa yang diberikan bagi nasabah pinjaman ini, sehingga ketika Anda meninggal saat proses pembayaran angsuran, maka otomatis angsuran akan dihapuskan dan hutang kredit Anda menjadi nol.
3. Anda bisa mendapatkan top up atau peningkatan jumlah pinjaman sesuai dengan syarat serta ketentuan pada Bank BTPN.

– Kekurangan

1. Karena sangat tergantung pada pengiriman manfaat pensiun dari perusahaan tempat Anda bekerja, ketika transfer terlambat akan mempengaruhi kualitas pinjaman Anda.
2. Pinjaman jadi tidak berlaku bagi Anda yang sudah menjadi janda/duda dan punya niat untuk menikah lagi dan manfaat pensiunnya dihentikan oleh perusahaan. Sehingga Anda wajib melunasi angsuran sebelum menikah lagi.

Dengan mengetahui syarat, prosedur hingga kelebihan dan kekurangan dari pinjaman pensiun BTPN di atas, setidaknya Anda memiliki gambaran yang jelas sebelum mengajukannya sesuai tabel pinjaman pensiunan Bank BTPN. Dan pastinya akan benar-benar merasakan manfaat ketika semua prosedur bisa Anda lewati dengan lancar.

Tinggalkan komentar