Pinjaman BMT UMY Syariah

Anda mau mencari pinjaman tapi takut riba? Jawabannya adalah pinjaman melalui BMT Syariah, karena prosedur peminjamannya dijamin aman dari riba dan sesuai dengan syariat Islam.

Apalagi tabel angsuran pinjaman Bank BMT Syariah sangat transparan dan bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan dari nasabah. Bagaimana cara mengajukannya agar bisa disetujui pihak Bank?

BMT UMY Mobile

Baitul Maal wat Tamwil (BMT) secara umum merupakan sebuah lembaga di bidang keuangan skala mikro yang berlandaskan syariat Islam.

Biasanya lembaga ini memiliki tujuan untuk membantu pengembahan usaha menengah dan kecil agar bisa mendapatkan pinjaman sehingga usaha mereka berjalan lancar.

Syarat Pinjaman

Sama halnya dengan pinjaman pada lembaga perbankan konvensional, pada Bank BMT Syariah juga terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi calon nasabah. Untungnya syarat tersebut tidak sulit sehingga calon nasabah tinggal melengkapi dan mengajukannya saja.

  • Sudah terdaftar menjadi anggota BMT. Jadi bagi Anda yang belum terdaftar sebaiknya melakukan pendaftaran sesuai aturan yang ditetapkan pihak Bank BMT Syariah.
  • Isilah formulir untuk melakukan pinjaman, Anda bisa mendapatkannya pada kantor terdekat, jika ada kesulitan dalam pengisian maka minta tolonglah pada customer sevice dari bank tersebut.
  • Mempersiapkan fotokopi identitas Kartu Tanpda Penduduk (KTP) Anda dan pasangan jika status Anda sudah menikah
  • Siapkan juga fotokopi dari Kartu Keluarga
  • Jangan lupa fotokopi tagihan listrik maksimal tiga bulan terakhir.
  • Jika Anda bekerja maka fotokopi juga slip gaji dari perusahaan
  • Fotokopi agunan atau dokumen barang yang akan dijadikan jaminan.

Prosedur Pengajuan Pinjaman

Setelah Anda melihat tabel angsuran pinjaman BMT UMY tentu Anda sudah memiliki gambaran, pinjaman dengan angsuran berapa yang akan dipilih.

  1. Siapkan dokumen persyaratannya dan mulai prosedur pengajuan dengan mendatangi Bank BMT Syariah.
  2. Ajukannya melalui customer service dari bank ataupun aplikasi BMT Mobile.
  3. Pihak bank kemudian akan melakukan pengecekan administrasi yang Anda bawa.
  4. Jjika belum lengkap maka pastinya diminta untuk melengkapi terlebih dahulu.
  5. Tapi jika sudah lengkap maka Anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Bank untuk langkah selanjutnya.
  6. Prosedur akan masuk dalam tahap survei yang dilakukan pihak bank sesuai aturan yang diberlakukan oleh Bank BMT Syariah.
  7. Anda tinggal mengikutinya dan pastikan memberikan informasi dan data yang tepat dan akurat.
  8. Jika lolos verifikasi maka Anda akan dihubungi untuk melakukan konfirmasi penerimaan pinjaman sesuai jangka waktu yang sudah disepakati bersama.
Ikuti 5 Step ini untuk Mendapatkan KUR 5 Juta 10 Menit Cair

Tips Pengajuan Pinjaman Disetujui

Agar pengajuan pinjaman Anda disetujui ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Mulai dari nilai pinjaman, memahami syarat dan ketentuan, bebas masalah perbankan, dan peruntukkan pinjaman yang jelas.

1. Nilai Pinjaman

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman, pastikan Anda sudah memilih besaran pinjaman dan prosedur pelunasan yang jelas, agar di kemudian hari tidak terjadi tunggakan pembayaran.

2. Mengerti Syarat dan Ketentuan

Pahami dengan detil semua syarat dan ketentuan pinjaman termasuk resiko yang bisa saja Anda terima jika pinjaman disetujui.

3. Bebas Masalah Perbankan

Ini juga merupakan tips paling penting, Anda harus memastikan nama bersih dari blacklist Bank Indonesia. Karena jika Anda memiliki track record pinjaman yang buruk pastinya tidak akan mendapat kesempatan untuk melakukan pinjaman tersebut.

Aplikasi Pinjol Makmur Mandiri Pinjaman 3 Juta Langsung Cair

4. Peruntukkan Pinjaman Jelas

Jangan lupa untuk memastikan juga untuk apa Anda meminjam dana di BMT Syariah, agar tidak menjadi dana yang salah penggunaan dan ujung-ujungnya memberatkan keuangan Anda.

Kelebihan dan Kekurangan BMT Syariah

Yang namanya produk perbankan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi sebelum mengajukannya Anda harus paham hal itu. Berikut ini informasi sekaitan kelebihan dan kekurangan dari BMT Syariah.

– Kelebihan

1. Terhindar dari riba, karena proses transasi berdasarkan prinsip Islam
2. Bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan, tak terbatas hanya umat Islam saja
3. Kemungkinan disetujui lebih besar jika dibandingkan dengan lembaga perbankan konvensional, selama semua syarat dipenuhi dan prosedurnya diikuti dengan baik.

– Kekurangan

Secara umum tidak ada kekurangan yang signifikan dari pinjaman ini, tapi bagi Anda yang kurang paham alur pinjaman dan angsurannya tentu akan sedikit bingung, tapi selama informasi yang didapatkan maksimal, maka semua akan berjalan lancar.

Sejatinya peminjaman melalui BMT Syariah yang sudah memiliki tabel angsuran pinjaman Bank BMT Syariah yang jelas akan sangat membantu keuangan Anda.

Terutama yang butuh dana dalam waktu cepat dan tk ingin terlibat riba bunga bank yang tinggi. Silahkan coba saja peruntungan Anda untuk mengajukan pinjaman, dengan mengikuti alur yang sudah ditentukan.

Tinggalkan komentar