Katahui Cara Menghindari Kangker Payudara
Katahui Cara Menghindari Kangker Payudara

Katahui Cara Menghindari Kangker Payudara

27 View

Konsumtif.comKatahui Cara Menghindari Kangker Payudara. Bukan hal awan jika sebagai wanita takut kanker payudara. Penyakit mematikan yang kini menjadi momok menakutkan bagi setiap wanita karena dapat mengganggu kesehatan. Namun, tahukah anda bahwa ada 6 cara untuk mencegah kanker payudara?

  1. Kurangi konsumsi lemak

Cara pertama untuk melakukannya adalah dengan mengurangi konsumsi lemak. Mengapa? Alasannya adalah karena banyak penelitian telah mengungkapkan bahwa konsumsi makanan yang tinggi dari lemak jenuh merupakan salah satu faktor yang memicu kanker, termasuk kanker payudara-salah satunya adalah kesimpulan yang diungkapkan oleh sekelompok peneliti dari Duke University, Amerika Serikat.

Baca Juga:

  • Jadi, apa saja makanan yang tinggi lemak jenuh? Berikut daftarnya :
  1. Margarin dan mentega
  2. Susu full-cream, dan produk susu lainnya
  3. Minyak goreng
  4. Coklat
  5. Daging sapi
  6. Sarden

Daging ayam, paha teruatama, dan lain-lain.
Solusinya, selain mengurangi asupan makanan di atas, Anda juga bisa memulai kebiasaan yang baik dengan meningkatkan konsumsi makanan yang tinggi lemak tak jenuh, seperti: minyak zaitun, salmon, alpukat, produk olahan kedelai (tahu & tempe), dan lain-lain.

  1. Periksa diet Anda

Setelah itu, isi buah dan sayuran. Anda tentu tahu bahwa paparan radikal bebas juga meningkatkan risiko tubuh terkena kanker.

Nah, untuk menghindarinya, Anda disarankan untuk meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan senyawa anti oksidan. Tujuannya tidak lain adalah agar tubuh dapat melawan paparan radikal bebas dari dalam.

  • Berbagai jenis buah (strawberry, blackberry, raspberry, dan lain-lain)
  • Anggur merah
  • Orange
  • Kubis
  • Kol
  • Sawi hijau
  • Lobak, dan lain-lain.
  1. Hindari asupan makanan yang tinggi estrogen

Meskipun hormon estrogen hadir dalam tubuh setiap wanita, tetapi penumpukan hormon ini dalam tubuh (terutama yang berasal dari faktor eksternal, juga dikenal sebagai Xeno-estrogen) terbukti meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Untuk alasan ini, menghindari makanan tinggi estrogen adalah cara untuk mencegah kanker payudara dan Anda disarankan untuk menghindari konsumsi berlebihan makanan yang kaya hormon estrogen, seperti kacang-kacangan, kurma, kismis, dan sebagainya.

  1. Berhenti merokok dan minum alkohol

Cara mencegah kanker payudara maka, Minimalkan risiko terkena kanker payudara dengan berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Alasannya tak lain adalah kandungan yang ditemukan dalam rokok dan alkohol terbukti dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh.

  1. Perhatikan berat badan Anda

Cara lain untuk mencegah kanker payudara adalah dengan memperhatikan berat badan Anda. Dengan bertambahnya berat badan, semakin kacau regulasi hormon dalam tubuh Anda. Inilah yang membuat Anda lebih rentan terkena kanker payudara.

Tidak percaya? Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science menyimpulkan bahwa obesitas pada wanita menopause meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 30-60%; sedangkan untuk wanita yang belum menopause, obesitas dapat meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 20-40%.

  1. Pertimbangkan kembali keputusan untuk melakukan terapi hormon

Cara mencegah kanker payudara yang terakhir, HRT (Hormone Replacement Therapy) adalah jenis terapi hormon yang biasanya dilakukan oleh wanita yang sudah memasuki masa menopause. Namun, tahukah Anda bahwa terapi hormon ini juga meningkatkan risiko terkena kanker payudara?

Leave a Reply

Your email address will not be published.