Aplikasi Pinjaman Favorit PNS di Bank Jateng

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di wilayah Jawa Tengah yang ingin mengajukan pinjaman untuk berbagai kebutuhan, saat ini bisa memanfaatkan produk dari Bank Jateng.

Salah satunya adalah Personal Loan (PLO) yang pengurusannya dipermudah, dengan adanya tabel pinjaman Bank Jateng untuk PNS 2020 lengkap sesuai kemampuan PNS. Anda mau coba mengajukan permohonan?

Syarat Pinjaman

Ketentuan umum untuk mengajukan pinjaman ini adalah Warna Negara Indonesia dan memiliki penghasilan yang tetap atau disebut juga fixed income yang diterima setiap bulan.

Namun bisa juga tidak tetap selama ada bukti yang menyertainya. Selain untuk PNS, PLO juga bisa diajukan oleh masyarakat dengan profesi tertentu serta wiraswasta. Ini syarat lengkapnya.

  • Formulir permohonan pinjaman yang sudah diisi lengkap dan ditanda tangani.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari pemohon pinjaman
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi dan dokumen asli dari bukti penerimaan gaji
  • Fotokopi dan dokumen asli dari Surat Keputusan (SK) pengangkatan pegawai, bisa juga SK pensiun dari pemohon jika sudah memasuki masa pensiun.
  • Surat kuasa dari bendahara instansi terkait tentang pemotongan gaji untuk angsuran pinjaman.
  • Untuk pemohon yang memiliki profesi tertentu atau wiraswasta diminta syarat tambahan berupa surat ijin praktek dari instansi terkait, atau Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) untuk wiraswasta.
  • Surat rekomendasi dari pimpinan atau atasan pemohon, bisa juga dari kepala dinas tempat pemohon bekerja
  • Memiliki rekening tabungan di Bank Jateng, jika Anda sebagai pemohon belum memilikinya bisa langsung mengajukan buka rekening saat pengajuan permohonan pinjaman.

Prosedur Pengajuan Pinjaman

Kalau Anda sudah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan, maka Anda bisa mengikuti prosedur pengajuan yang sudah ditetapkan oleh pihak Bank Jateng seperti halnya pinjaman Bank DKI. Sama halnya dengan pengajuan kredit multiguna Bank Jateng, dimulai dari membawa berkas permohonan lengkap ke kantor Bank Jateng terdekat.

Pihak bank kemudian akan melakukan pengecekan dokumen apakah sudah sesuai dengan kriteria yang dtentukan. Jika sudah maka Anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Bank apakah permohonan pinjaman disetujui atau tidak. Waktu yang dibutuhkan sangat cepat sesuai dengan kelengkapan syarat yang diajukan.

Sama halnya dengan Bank milik daerah lainnya Bank Jateng memiliki cakupan pelayanan di wilayah Jawa Tengah. Selain membidik PNS dan pengusaha, juga banyak produk yang disiapkan untuk berbagai kalangan masyarakat. Baik dalam hal penyimpanan, kredit dan kerjasama yang tentunya saling menguntungkan.

Tips Pengajuan Kredit Disetujui

Untuk memuluskan proses permohonan setidaknya Anda harus mengikuti empat tips berikut ini, agar kemungkinan disetujui lebih besar.

  1. Pastikan Anda memilih jumlah pinjaman yang tepat. bisa dilihat dari tabel pinjaman Bank Jateng untuk PNS 2020 yang sudah disiapkan oleh pihak bank. Anda bisa mempertimbangkan jumlah gaji apakah mencukupi untuk membayar angsuran.
  2. Jangan lupa untuk memastikan diri bebas dari hutang pinjaman lain yang berhubungan dengan perbankan atau jasa pinjaman lainnya. Karena pelacakan akan dilakukan oleh Bank Jateng, jika Anda masih memiliki tunggakan yang belum di bayar pada bank lain, maka kemungkinan permohonan akan ditolak.
  3. Pastikan tujuan yang jelas untuk meminjam uang, misalnya untuk merenovasi rumah, modal bisnis sampingan, biaya pernikahan anak atau biaya berangkat haji atau yang lain. Sehingga ketika ditanyakan oleh pihak bank Anda bisa menjawabnya dengan tepat.
  4. Berikanlah dokumen yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya saat pihak bank melakukan klarifikasi. Baik itu data pada formulir permohonan kredit Bank Jateng.

Kebanyakan permohonan ditolak karena calon pemohon memberikan data tidak lengkap, salah atau bahkan palsu hanya demi mendapatkan pinjaman.

Kelebihan Dan Kekurangan

Terdapat beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari pinjaman PLO Bank Jateng ini, sebelum memutuskan untuk mengajukan permohonan ada baiknya Anda memahaminya terlebih dahulu.

KelebihanKekurangan
Proses pengajuan pinjaman ini tergolong mudah dan cepat, sehingga Anda yang butuh segera kucuran dana segar akan cocok untuk mengajukan permohonanProses persiapan syarat terbilang lama, karena pemohon harus meminta berbagai surat pendukung dari instansi tempat bekerja.
Suku bunga yang diberikan sangat bersaing dan tergolong rendah jika dibandingkan dengan pinjaman lainTidak mewajibkan Asuransi pinjaman bagi debitur.
Lama waktu pinjaman cukup panjang yaitu maksimal 15 tahun, tergantung besarnya pinjaman yang diajukan.
Jumlah pinjaman juga bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan gaji dari pemohon, maksimalnya bahkan sampai Rp1 miliar.
tabel kelebihan dan kekurangan

Apakah Anda sudah siap untuk mengajukan pinjaman PLO sesuai tabel pinjaman Bank Jateng untuk PNS 2020? Jika sudah, maka jangan tunggu lama untuk mengikuti prosesnya agar pencairan bisa lebih cepat dan sesuai target.

Tapi, jangan kecewa jika ditolak, karena Anda bisa mencobanya lagi melalui aplikasi bank jateng.

Tinggalkan komentar