Asuransi Harta Aman Pratama : Cara Daftar dan Daftar Produk

Asuransi Harta Aman Pratama merupakan salah satu pilihan asuransi yang terbaik untuk Anda.

Cara Daftar Pada Asuransi Harta Aman Pratama

Untuk melakukan pendaftaran di asuransi harta aman pratama sebenarnya cukup mudah. Proses pendaftaran bisa dilakukan melalui email atau juga dengan berkunjung langsung ke kantor terdekat dari tempat tinggal Anda.

Sebelum melakukan pendaftaran alangkah lebih baik jika Anda menghubungi mereka langsung dan bertanya berbagai persyaratan dan polis yang ditawarkan. Setelah itu persiapkan dokumen yang dibutuhkan. Secara umum dokumen tersebut antara lain:

  • Usia maksimal 60 tahun sedangkan batas minimum usia adalah 18 tahun
  • Memiliki KTP dan kartu tanda pengenal lainnya
  • Mengisikan formulir yang tersedia

Setelah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan, maka Anda bisa mengirimkannya via email atau datang langsung. Nanti berkas Anda akan diperiksa terlebih dahulu, jika terdapat kekurangan maka Anda akan diminta untuk melengkapinya sebelum pendaftaran polis disetujui dan diproses.

Cara Pembayaran Premi

Setelah pengajuan polis diterima, maka sekarang Anda resmi terdaftar pada asuransi harta aman pratama. Namun, sebelum melakukan pendaftaran pastikan Anda telah memilih polis asuransi yang dibutuhkan. Setidaknya terdapat 16 produk asuransi dari perusahaan ini, yaitu:

  1. Asuransi kendaraan bermotor
  2. Asuransi industrial atau properti
  3. Asuransi kebakaran
  4. Asuransi gempa bumi
  5. Asuransi terorisme sabotase
  6. Asuransi kesehatan
  7. Asuransi pengangkutan barang
  8. Asuransi proyek konstruksi
  9. Asuransi penyimpanan uang
  10. Asuransi pengiriman uang
  11. Asuransi kebongkaran atau kemalingan
  12. Asuransi perjalanan
  13. Asuransi kesehatan plus
  14. Asuransi tanggung gugat umum komprehensif
  15. Asuransi risiko khusus
  16. Asuransi mesin

Melalui berbagai produk yang ditawarkan, Anda bisa menyesuaikan pilihan polis asuransi dengan kebutuhan masing-masing. Setelah pengajuan polis diterima maka Anda harus membayar premi tetap setiap bulannya. Cara pembayarannya adalah sebagai berikut:

  1. Pembayaran Melalui ATM

Asuransi ini hanya melakukan kerjasama dengan Bank BCA. Jadi, pembayaran premi hanya bisa dilakukan melalui rekening BCA. Karenanya, pastikan Anda memiliki rekening BCA agar proses pembayaran premi menjadi lancar. Proses pembayaran dari ATM adalah sebagai berikut:

  • Datang ke ATM BCA terdekat
  • Masukkan PIN dan pilih menu pembayaran lalu asuransi
  • Masukkan nomor polis dan isikan jumlah premi Anda
  1. Pembayaran Melalui Teller

Selain melalui ATM, Anda bisa melakukan pembayaran melalui teller. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Datanglah ke Bank BCA terdekat dan tanyakan kepada petugas perihal keperluan Anda. Nanti petugas akan menuntun pengisian polis asuransi beserta premi yang akan dibayar.
  • Isikan form yang dibutuhkan dan tunggu sampai antrian Anda dipanggil teller.
  • Setelah itu, kunjungi teller dan sampaikan kembali kepentingan Anda sekaligus serahkan uang untuk pembayaran premi.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pembayarannya selesai.

Cara Pengajuan Klaim

Untuk melakukan klaim pada asuransi harta aman pratama sebenarnya cukup mudah. Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Hubungi bagian Claim department Harta Aman Pratama baik melalui email (claim@asuransi-harta.co.id) atau melalui nomor telepon di (021) 5702060 dan (021) 5746789.
  • Kemudian persiapkan dokumen yang dibutuhkan. Persyaratan dokumen tertera pada polis asuransi yang Anda pilih. Oleh karena itu, selalu cek dan simpan polis asuransi Anda.
  • Setelah itu, pihak dari asuransi akan melakukan investigasi dan analisa permintaan Anda.
  • Kemudian, proses permintaan Anda akan diproses.

Anda bisa melakukan cek status klaim pada website https://asuransi-harta.co.id/check-claim-status/.

Pencairan Dana

Setelah klaim diterima, maka Anda bisa melakukan pencairan dana asuransi harta aman pratama dengan beberapa cara, yaitu:

  1. BCA Internet Banking

Cara ini yang paling praktis dan mudah. Ketika status klaim diterima, maka Anda bisa menunggu 7 hari kerja untuk pencairan dana. Anda tinggal periksa dari BCA internet banking dan lihat status dana yang masuk dari pihak asuransi.

  1. ATM

Cara ini lebih mudah karena Anda tinggal ke ATM dan cek jika ada dana yang masuk. Hanya saja setiap dana yang masuk tidak diketahui bersumber dari mana.

Cara Menutup Polis

Proses penutupan polis asuransi ini bisa Anda lakukan dengan mudah dan cukup dengan mengikuti beberapa langkah berikut, yaitu:

  • Download dokumen penutupan asuransi yang terdapat pada websitenya. Kemudian, print dan isi semua bagian yang diperlukan serta tandatangani. Pastikan Anda mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi oleh pihak asuransi.
  • Kemudian, kirimkan form penutupan tersebut ke contact center atau dapat juga melalui kantor cabang terdekat.
  • Nantinya, bagian marketing office akan menghubungi Anda untuk mendiskusikan berbagai hal yang perlu untuk diketahui.

Itulah berbagai informasi yang perlu untuk Anda ketahui dari asuransi harta aman pratama tersebut. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda sekalian.

Tinggalkan komentar