Pengertian Dan Manfaat Refleksi Pembelajaran
Pengertian Dan Manfaat Refleksi Pembelajaran

Pengertian Dan Manfaat Refleksi Pembelajaran

118 View

Konsumtif.com– Hallo good people, kembali lago dengan admin yang akan memberikan informasi yang pastinya sangat penting. Dalam pembahasan kali ini admin akan membahas mengenai Pengertian Dan Manfaat Refleksi Pembelajaran.

Dalam dunia pembelajaran tentunya harus diadakan yang namanya refleksi, supaya murid-murid bisa mengungkapkan perasaannya. Akan tetapi dalam melakukan refleksi terhadap para pelajarar tentunya harus memiliki pikiran tenang.

Maka dari itu, jika ingin melakukan refleksi harus mempunyai pikiran yang jernih, agar refleksi yang dijalankan lancar. Oleh karena itu, hal ini ini sangat penting.

Dalam melakukan refleksi ini tentunya memiliki manfaat yang sangat bagus. Sehingga hal ini harus dilakukan terhadap peserta didik. Maka dari itu simak pembahasan ini sampai tuntas.

Baca juga : Manfaat Jamur Pinisillin Untuk Kesehatan

Pengertian Dan Manfaat Refleksi Pembelajaran

Refleksi ini merupakan aktivitas pembelajaran berupa penilain umpan balik terhadap peserta didik terhadap guru setelah mengikuti pembelajaran dengan waktu yang sudah ditentukan.

Kata refleksi juga dapat diartikan sebagai aktivitas peserta didik yang mengungkapkan perasaannya, pesan dan kesan atas pembelajaran yang diikuti.

Seperti yang sudah admin jelaskan diatas, bahwa dalam melakukan refleksi peserta tidak boleh dalam tekanan atau intimidasi guru, sehingga peserta didik dapat jujur untuk mengungkapkan perasaannya.

Baca juga :

Adapun manfaat melakukan refleksi pembelajaran bagi peserta didik. Nah, untuk yang penasaran kalian bisa simak pembahasan ini sampa tuntas, karena admin akan memberikan dua manfaat refleksi dibawah ini.

  1. Bagi peserta didik, kegiatan refleksi ini bermanfaat sebagai ruang ekspresi positif terhadap guru dan proses pembelajaran yang dialami.
  2. Bagi guru, kegiatan refleksi ini bermanfaat sebagai ajang pengamatan terhadap kelas dalam rangka memetakan karakter dan daya saing peserta didik sehingga mudah dalam membagi kelompok.

Tidak hanya ada manfaatnya saja, dalam melakukan refleksi tentunya ada langkah yang harus dijalankan. Sehingga refleksi yang dijalankan lancar, berikut langkah-langkahnya.

  1. Guru membagikan secarik kretas sebagai instrumen refleksi (Diary)
  2. Peserta didik harus menulis identitas (Nama, Nomor Induk Siswa, Dan Kelas)
  3. Peserta didik mengucapkan terima kasih dan penghargaan terhadap guru yang telah mengejar peserta didik
  4. Peserta didik menuangkan kesan-kesan yang disaranakan selama mengikuti pembelajaran dalam rangkaian yang singkat, jelas, padat dengan penuh kejujuran dan keterbukaan.
  5. Peserta didik menuangkan pesan-pesan positif kepada gurunya
  6. Peserta didik mengutarakan keinginan, kebutuhan, harapan baik yang sudah tercapai atau sebaliknya
  7. Peserta didik mengumpulkan instrumen refleksi
  8. Guru Membaca hasil refleksi, melakukan evalusi, menindaklanjuti, dan melaksanakan refleksi tahap berikut

Nah, itulah beberapa langkah dalam melakukan refleksi terhadap peserta didik. Semoga pembahasan yang admin sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi para peserta didik dan guru sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *