Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan
Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

151 View

Konsumtif.com – Bagi kamu yang ingin terus bugar selama menjalani puasa dibulan suci, ketahuilah informasi mengenai Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan berikut ini.

Bulan puasa menjadi bulan yang paling dinanti oleh semua umat muslim diseluruh dunia. Karena satu bulan dari 11 bulan yang lainnya ini merupakan bulan suci dan juga penuh dengan pengampunan.

Banyak orang yang memanfaatkannya sebagai salah satu momen untuk memperbaiki diri. Tak heran juga banyak orang yang mempersiapkan untuk menyambut bulan ramadhan jauh dari hari-hari sebelumnya.

Selama kita menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan, tubuh kita akan melekukan banyak penyeseuaian.

Pola makan dan juga olah raga mengalami sedikit perubahan, untuk hal tersebut tubuh juga akan beradaptasi.

Dan berikut ini adalah beberapa tips atau cara yang dapat kamu ikuti untuk menjaga kesehatan dibulan ramadhan.

Baca juga :

1. Makanlah Secukupnya

Selama bulan puasa tubuh akan beradaptasi dengan pola makan, istirahat, dan olehraga yang akan mengalami banyak sekali perubahan.

Karena selama 12 jam menjalankan puasa, jam makan akan berubah menjadi sahur dan berbuka. Krena itu kita harus menjaga dan juga memperhatikan asupan makanan.

Agar hal tersebut tidak menimbulkan perasaan yang tidak nyaman selama kita menjalan puasa 12 jam penuh.

2. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Dengan berpuasa selama 12 Jam akan membuat tubuh kekurangan banyak sekali cairan tubuh dan juga rentamn dengan namanya dehidrasi.

Sehingga akan membirkan dampak dan juga efek seperti mudah lelah dan juga mengantuk sepanjang hari.

Maka dari itu pastikan untuk minum air putih sebanyak mungkin disaat berbuka dan juga sahur sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan dibulan puasa ini.

Cobalah untuk meminum air sebanyak 8 gelas setaipa hari sebelum fajar tiba dan juga setelah berbuka puasa.

3. Tetap Lakukan Aktivitas

Menjaga kesehatan saat berpuasa memang tak mudah, terutama jika belum terbiasa. Tak heran jika awal bulan puasa tubuh akan mengalami berbagai adaftasi salah satunya seperti merasa lelah.

Oleh karena itu, cara untuk menjaga kesehatan pada saat berpuasa adalah dengan tetap beraktivitas sebagai pengalih perhatian dan juga membiasakan tubuh agar tetap bergerak.

4. Istirahat yang Cukup

Selain dengan pola makan dan juga oleh raga yang mengalami sedikit perubahan selama bulan ramadhan.

Waktu istirahat kita pun sedikit memnmgalami penyesuaian, walau harus terbangun ditengah malam untuk sahur pastikan selama berpuasa untuk tetap memenuhi kebutuhan jam tidur 6-8 jam saat malam hari.

5. Konsumsi Vitamin Tambahan

Orang yang berpuasa akan cenderung mengalami kekurangan banyak nutrisi seperti zat besi, kalsium, dan juga viramin B12.

Selain dengan memakan makanan yang bergizi dan juga olahraga ringan, salah satu cara untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa adalah dengan memperhatikan untuk mengkonsumsi vitamin tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.