Manfaat bawang putih
Manfaat bawang putih

Siapa sangka bawang putih dapat mengatasi jerawat

88 View

Konsumtif– Sobat konsumtif belum banyak yang mencobanya bahwa siapa sangka bawang putih ternyata dapat mengatasi jerawat.

Baca artikel ini selengkapnya bahwa bawang putih ternyata memiliki bayak manfaat yang perlu sobat coba untuk kesehatan anda.

Kandungan nutrisi bawang putih

Perlu sobat ketahui bahwa bumbu yang satu ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita,. Sebagaimana dilansir dari laman resi hellosehat bahwa dalam satu buah bawang putih biasanya terdapat 1-10 siung.

Dari setiap siungnya memiliki berat sekitar 6-8 gram. dan per 100 gram bawamh putih kira-kira mengandung:

  • 4 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 0,2 gram protein
  • 0,1 gram serat
  • 0,1 miligram mangan (setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh)
  • 0,9 miligram vitamin C (setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh)
  • 5,4 miligram kalsium (setara dengan 1% kebutuhan harian tubuh)
  • 0,4 mikrogram selenium (setara 1 persen% kebutuhan harian tubuh)
  • sederet antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino.

Bawang putih juga diperkaya oleh senyawa sulfur aktif, ketika bawang putih mentah dikunyah dalam mulut, zat-zat sulfur tersebut akan bereaksi membentuk allicin.

Manfaat bawang putih

Berikut admin rangkum beberapa manfaat bawang putih yang mungkin bisa sobat gunakan dirumah dengan rutin untuk kesehatan tubuh anda.

Mengatasi jerawat

Dari hasil studi membuktikan bahwa allicin memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang dapat membunuh kuman sebagai penyebab timbulnya jerawat.

Pada kandungan bawang putih inilah terdapat vitamin dan mineral lain yang dipercaya dapat membasmi jerawat. Mulai dari vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng mengatasi minyak berlebih.

Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian terdahulu yakni Journal of Postgraduate Medicine menjelaskan bahwa mengkonsumsi dalam 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung kecil) setiap hari berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis dalam jangka waktu dua bulan.

Membuat jantung sehat

Penelitian yang dilakukan Journal of Nutrition yang menggunakan aged garlic juga menunjukkan efek penurunan kadar kalsium serta protein C-reaktif dalam arteri koroner.

Bawang putih ternyata sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, bawang putih telah dikenal sebagai pengobatan tambahan dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah, yang pada akhirnya mengurangi penyakit jantung.

Menurunkan risiko kanker

Sebagaimana dilansir dari National Center for Biotechnology Information, jika mengkonsumsi bawang putih secara rutin dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

Salah satunya termasuk penyakit kanker perut (lambung, usus besar, dan usus kecil), kanker kerongkongan, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat.

Menjaga kesehatan otak

Berdasarkan tim peneliti dari Universitas Missouri memaparkan bahwa turunan karbohidrat dalam bawang putih yang sering disebut dengan FruArg dapat melindungi sel-sel otak pada efek penuaan dan penyakit.

Kesimpulan

Demikian sekilas mengenai beberapa manfaat bawang putih yang bisa kita aplikasikan demi kesehatan tubuh. Pada dasarnya bawang putih bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis kesehata. Akan tetapi perlu dosis yang cukup dan tidak berlebihan.

Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, semoga bermanfaat dan jangan lupa agar selalu mengikuti perkembangan informasi yang akan admin sediakan selanjutnya.

123

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *