Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Polis Asuransi
Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Polis Asuransi

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Polis Asuransi

59 View

Konsumtif.com – Asuransi jiwa adalah cara paling cerdas untuk melindungi keluarga Anda jika terjadi sesuatu yang tidak menguntungkan pada anda. Jika sesuatu terjadi pada Anda (dengan asumsi Anda adalah pemegang polis), calon akan mendapatkan uang pertanggungan seperti yang disebutkan dalam polis.

Yang mengatakan, banyak membeli polis asuransi jiwa untuk manfaat tambahan dari potongan pajak dan juga sebagai sarana untuk mengamankan kebebasan finansial mereka di usia tua mereka, yang idealnya tidak terjadi.

Sementara alasan untuk berinvestasi dalam asuransi jiwa banyak, membeli yang tepat bisa menjadi sedikit rumit. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat Anda ingat saat memilih yang paling cocok untuk kebutuhan asuransi jiwa Anda.

Jangan membeli Asuransi hanya untuk menghemat pajak

Jangan membeli Asuransi hanya untuk menghemat pajak

Banyak waktu, orang faktor polis asuransi jiwa hanya sebagai alat penghematan pajak. Namun, tujuan inti dari perlindungan asuransi jiwa bukanlah penghematan pajak, tetapi perlindungan.

Rencana asuransi jiwa dirancang untuk memberikan tanggungan bantuan keuangan pemegang polis jika terjadi kematian mendadak. Sebenarnya, rencana ini mencakup perlindungan finansial terhadap tiga faktor penting-kematian, penyakit, dan kecacatan.

“Pasca pandemi, orang sudah mulai menyadari perlunya polis asuransi jiwa yang bertindak sebagai jaring pengaman jika terjadi kematian dini dari pencari nafkah tunggal. Untuk memenuhi permintaan ini, beberapa perusahaan asuransi telah memperkenalkan produk-produk inovatif.

Salah satu produk tersebut adalah asuransi berjangka untuk ibu rumah tangga oleh Max Life insurance. Di bawah rencana ini, ibu rumah tangga dapat membeli asuransi berjangka sendiri tanpa dikaitkan dengan polis asuransi jiwa pasangan mereka, ” kata Sajja Praveen Chowdary.

Selain itu, ada berbagai rencana yang tersedia di pasar saat ini yang menawarkan cakupan untuk seumur hidup atau hingga 100 tahun. Sampai beberapa tahun yang lalu, satu-satunya kelemahan dari rencana istilah adalah bahwa pemegang polis tidak mendapatkan apa-apa jika dia selamat dari istilah tersebut.

Namun, rencana zaman baru menawarkan pengembalian premi yang bermanfaat bagi pemegang polis karena membayar kembali semua premi yang dibayarkan jika pemegang polis hidup lebih lama dari polis.

Asuransi jiwa adalah salah satu pengeluaran terpenting yang dapat anda lakukan untuk tetap aman secara finansial di semua tahap kehidupan.

Ini mendukung tujuan jangka panjang Anda dan bahkan membantu memenuhi kebutuhan masa depan keluarga tanggungan anda, terutama jika terjadi hal yang tidak terduga
acara.

Itu sebabnya, untuk mengikuti perubahan kebutuhan keuangan, menjadi sangat penting untuk meninjau cakupan seiring bertambahnya usia.

Cara ideal untuk pergi tentang itu adalah untuk membeli rencana asuransi jiwa pada usia dini ketika Anda sehat secara fisik dan premi relatif rendah.

“Menunggu untuk mendapatkan asuransi jiwa di usia pertengahan 30 – an terkadang terbukti menjadi keputusan yang salah-ketika Anda memulai sebuah keluarga dan memiliki kewajiban lain juga.

Ini berarti bahwa Anda harus membeli paket dengan cakupan yang lebih tinggi yang dapat menutupi kemungkinan pengeluaran keluarga Anda, dan Anda juga akan membayar premi yang lebih tinggi.

Misalnya, jika Anda sudah menikah dan memiliki dua anak dan orang tua tanggungan, Anda harus membeli sampul minimal Rs 1 crore,” tambah Chowdary.

Dapatkan Perlindungan Yang Memadai

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memperkirakan perlindungan asuransi jiwa yang ideal. Jika Anda memiliki hutang, akan sulit bagi keluarga Anda untuk membayar cicilan bulanan yang disamakan (EMI) saat Anda tidak ada.

Lalu ada faktor-faktor lain seperti pendidikan tinggi anak-anak Anda atau pernikahan, yang Anda butuhkan untuk menyimpan dana yang cukup samping. Lalu ada inflasi, yang mungkin membuat sulit bagi keluarga Anda untuk mempertahankan gaya hidup mereka saat ini, dalam ketidakhadiran Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan fakta-fakta tertentu sebelum memilih asuransi yang tepat.

Anda perlu menemukan total pengeluaran tahunan keluarga Anda dikalikan dengan jumlah tahun di mana penggantian pendapatan mungkin diperlukan.

Kemudian, Anda perlu mengetahui jumlah total hutang Anda dan biaya pembayaran hipotek, jika ada. Anda juga perlu mencari tahu jumlah yang perlu Anda sisihkan untuk pengeluaran di masa depan, seperti pendidikan anak Anda, pernikahan, dll.

Dari pengeluaran ini, Anda dapat mengurangi jumlah aset likuid Anda seperti uang tunai di tangan atau bank, dan jenis investasi lainnya untuk mendapatkan perlindungan asuransi jiwa yang memadai.

Gallery for Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Polis Asuransi

Leave a Reply

Your email address will not be published.