6 Cara Memulai Rencana Finansial yang Baik dan Benar
6 Cara Memulai Rencana Finansial yang Baik dan Benar

6 Cara Memulai Rencana Finansial yang Baik dan Benar

197 View

Konsumtif.com – Berikut ini adalah informasi yang wajib kamu ketahui tentang 6 Cara Memulai Rencana Finansial yang Baik dan Benar.

Finansial atau juga perencanaan https//viral2menit.con kuangan yaitu merupakan sebuah aspek yang sangat penting sekali dalam mengembangkan bisnis.

Apalagi untuk kamu yang baru saja akan memulai usaha. Jika kamu memiliki perencanaan keuangan yang jelas, maka kamu akan terhindar dari kerugian.

Selain dari itu, finansial plan juga akan memnjadi fokus dari para investor yang akan melirik bisnis yang tengah kamu jalankan tersebut.

Baca juga : Tips Sukses Bisnis Rumahan

Apa saja hal yang harus ada dalam plan finansial bisnis kamu tersebut ? berikut ini adalah 6 Cara Memulai Rencana Finansial yang Baik dan Benar.

Proyeksi Penjualan

Berikut ini apa saja yang harus ada dalam planing proksi penjualan? idealnya, proyeksimu akan mencakup 4 kolom yang akan dibagi menjadi :

Dengan perhitungan diatas, maka kamu kemudian akan dapat memperkirakan laba kotor, yakni total potensi pendapatan penjualan yang dikurangi harga pokok penjualan.

Budget Pengeluaran

Agar plan finansial yang kmau jalankan bisa dengan cepat, kamu juga perlu memperkirakan berapa biaya yang diperlukan untuk menghasilkan sebuah penjualan.

Dan cara lain adalah dengan membaginya antara biaya setup dan juga dengan baiay operasional. Biaya setup itu merupakan biaya yang dibutuhkan pada awal untuk membangun sebuah bisnis seperti biaya pendaftaran.

Laporan Pendapatan

laporan pendapatan itu akan menunjukan pendapatan, pengeluaran, dan juga keuntungan bisnis yang kini kamu jalankan.

Dengan begitu kamu juga dapat menghitung laba bersih dengan cara mengurangkan laba kotor dengan bunga dan pajak yang dikeluarkan.

Perkiraan Kas

Laporan yang satu ini juga akan menujukan keluar masuknya uang tunai dalam bisnis yang tengah kamu bangun tersebut.

Uang tunai juga sangat penting sekali untuk memastikan bisnis tetap dapat berjalan dan tak ada kekurangan dana yang akan kmau dapat tersebut.

Kauangan Neraca

Neraca keuangan merupakan sebuah laporan kekayaan dari bisnis yang kamu jalankan, dari neraca keuangan juga kamu maupun investor akan mnilai kesehatan kauangan sebuah bisnis.

  • aset
  • Liabilitas
  • Ekusitas

Brak Event Poin

Komponen uatama yang juga harus benar-benar ada dalam sebuah finansial adalah analisis breks point yang biasa disebut dengan BEP adalah sebuah titik dimana pengeluaran akan sama dengan tingkat penjualan.

Lewat finansial plan ini kamu akan bisa mengukur serta membandingkan pepforma bisnis yang dijalankan dengan periode sebelumnya maupun dengan kompetitor.

Penutup

Demikian pembahasan informasi menarik tentang 6 Cara Memulai Rencana Finansial yang Baik dan Benar yang dapat kami sampaikan pada saat ini.

Semoga apa yang telah ulas dapat memberikan dampak negatif dan juga memberikan banyak manfaat untuk kamu yang ingin tahu tentang hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.