Pengertian Freeware & Pengertian Shareware
Pengertian Freeware & Pengertian Shareware

Pengertian Freeware & Pengertian Shareware

58 View

Konsumtif.com – Berikut ini adalah pembahasan informasi menarik mengenai Pengertian Freeware & Pengertian Shareware yang wajib Anda ketahui mengenai informasi menariknya tersebut.

Pada sebuah perangkat komputer pasti terdapat sebuah perangkat sistem dan perangkat lunak yang dipasang untuk membuat komputer tersebut dapat beroperasi dengan baik dan benar. Kebanyakan perangkat lunak yang digunakan adalah perangkat yang berbayar, misalnya saja windows, yang sudah ada MS Office didalamnya yang merupakan salah satu contoh perangkat lunak berbayar.

Hal yang harus Anda lakukan adalah dengan membayar pihak yang membuatnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. dan perangkat ini juga pasti memiliki pihak yang mendistribusikannya sehingga perangkat yang satu ini juga memerlukan ijin dan juga lisensi dari pihak yang terkait. Hal ini sangat berguna untuk melindungi hak cipta tersebut, sehingga karya yang ada bisa dihargai.

Dan dalam dunia komputer, pasti tidak akan lepas dengan yang namanya perangkat lunak ataupun software, ini merupakan salah satu komponen penting dari perangkat itu sendiri. lalu software juga adalah istilah dari sebuah data atau format yang disimpan dalam bentuk digital, salah satunya seperti program komputer atau juga aplikasi yang ada dalam komputer itu sendiri.

1. Freeware

Freeware adalah sebuah software ataupun aplikasi yang dapat kita gunakan oleh semua orang tanpa harus membayar. Bisa disimpulakn bahwa freeware ini adalah sebuah aplikasi yang digunakan secara gratis, namun pada dasarnya pembuatnya tetap memiliki kebijakan tertentu yang wajib di ikuti yang akan tayang pada saat kita hendak menginstal akan aplikasi tersebut.

Dan tentu saja kebebasan yang satu ini bukan berarti kita tidak melakukan pembayaran atau juga bisa bebas lisensi, karena aplikasi tersebut tak bisa kita gunakan untuk kepentingan pribadi atau juga sebagai dimmodifikasi.

Tujuan yang dimaksud pembuat adalah sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produk yang sudah dikelaurkan oleh si pembuat tersebut, dan beberapa contoh untuk aplikasi tersebut adalah paint.net, rocket, dan juga cleanner.

2. Shareware

Sedangkan shareware adalah sebuah perangkat lunak yang dapat kita gunakan untuk kepentingan komersial yang akan mengijinkannorang-orang untuk membagikan salinannya tersebut. Tapi bagi mereka yang menggunkannya dalam jangka panjang akan diminta untuk membayar bagi biaya lisensi.

  • Sebagian shareware untuk kode programnya juga tak tersedia. Jadi kita tidak dapat memodifikasi program tersebut
  • Dan hal ini juga tak mengijinkan penggunanya untuk membuat salinan dan memasangnya dengan sesuka hati mereka

Shareware ini juga bertujuan sebagai salah satu software yang sehingga para pengguna bisa mengetahui software yang satu ini sebelum melakukan pembelian. Lalu jika masa uji coba sudah selesai, software yang satu ini bisa saj tersekunci dan tidak bisa digunakan lagi atau juga bisa digunakn namun dengan sela waktu tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *