Membahas Tentang Konsep Pemasaran Dalam Bisnis Secara lengkap
Membahas Tentang Konsep Pemasaran Dalam Bisnis Secara lengkap

Membahas Tentang Konsep Pemasaran Dalam Bisnis Secara lengkap

11726 View

Konsumtif.comMembahas Tentang Konsep Pemasaran Dalam Bisnis Secara lengkap. Konsep penjualan yaitu gagasan bahwa konsumen tidak akan membeli cukupbanyak produk perusahaan kecuali jika perusahaan tersebut melakukan usaha penjualan dan promosi dalam skala besar.

Konsep ini mengasumsikan bahwa :

 1. Para konsumen umumnya menunjukan penolakan pembelian sehingga harus dibujuk untuk membeli.

 2. Perusahaan memiliki banyak sekali alat penjualan dan promosi yang efektif untuk merangsang lebih banyak pembelian.

Baca Juga:

Membahas Tentang Konsep Pemasaran Dalam Bisnis Secara lengkap
Membahas Tentang Konsep Pemasaran Dalam Bisnis Secara lengkap

Bahwa penjualan dapat dikelompokkan menjadi 4 macam, yaitu:

 1. Tujuan account-development. Tujuan account-development yaitu tujuan yang dirancang untuk menekankan penambahan distribusi atau pelanggan baru.

 2. Tujuan distributor-support. Yaitu yang mengarah pada upaya menjalin kerjasama dengan para distributor grosir maupun eceran dalam rangka menerapkan strategi pemasaran.

3. Tujuan account-maintenance. Yaitu tujuan yang dirancang untuk mempertahankan posisi penjualan yang efektif melalui kejujuran penjualan regular dalam rangka menyediakan informasi lainnya kepada distributor.

 4. Tujuan account-penetration. Yaitu tujuan yang dirancang untuk volume penjualan total produk-produk yang lebih menguntungkan dan produk komplementer lainnya kepada distributor.

Membahas Tentang Konsep Pemasaran Dalam Bisnis Secara lengkap

Keberhasilan pemasaran suatu produk dari perusahaan sangat ditentukan pula oleh baik tidaknya pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan.

Pelayanan merupakan penunjang pemasaran suatu produk dan sekaligus dapat dilihat sebagai pusat keseluruhan paket produksi untuk memenuhi kebutuhan dan selera langganannya.

Diabaikannya pelayanan dalam kegiatan pemasaran bisa menimbulkan rasa tidak puas dipihak langganan dan ini jelas akan merugikan pihak produsen ataupun penjualan dan akhirnya akan dijauhi langganan.

 Konsep pemasaran merumuskan bahwa keuntungan perusahaan bisa diperoleh melalui kepuasan pihak langganan atau produk yang ditawarkan.

Pengertian pelayanan adalah segala kegiatan yang dibutuhkan untuk menerima, memproses dan menyampaikan dan memenuhi pesanan pelanggan dan untuk menindak lanjuti setiap kegiatan yang mengandung kekeliruan.

Pelayanan adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi dalam mengangkut kebutuhan pihak konsumen yang berkepentingan sehingga dilayani dengan keinginan konsumen dan akan menimbulkan kesan tersendiri.

Ada beberapa bentuk pelayanan yang harus benar-benar diperhatikan oleh suatu perusahaan distributor atau penyalur barang industri antara lain:

 1. Pelayanan dalam pembelian penjualan

2. Pelayanan sewaktu penawaran produk

3. Pelayanan sewaktu penyerahan produk

 4. Pelayanan setelah penjualan

 Menurut Vincent Gaspersz, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan pelayanan adalah:

 1. Ketetapan waktu pelayanan, hal yang perlu diperhatikan adalah waktu tunggu dan waktu proses alam memberikan pelayanan terhadap pelanggan.

 2. Akurasi, pelayanan yang berkaitan dengan reabilitas pelayanan dan bebas kesalahan.

 3. Kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan, terutama bagi mereka yang berinteraksi dengan pelanggan eksternal seperti operator telepon, petugas keamanan, pengemudi dan lain-lain.

 4. Tanggung jawab, berkaitan dengan pengiriman barang dan penanganan keluhan dari pelanggan.

5. Kelengkapan, menyangkup lingkup pelayanan dan ketersediaan sarana pendukung serta pelayanan komplementer.

 6. Kemudahan mendapatkan pelayanan, berkaitan dengan banyaknya outlet, banyaknya petugas yang melayani seperti kasir, staf administrasi, dan lainlain.

 7. Variasi model pelayanan, berkaitan dengan inovasi untuk memberikan pola-pola baru dalam pelayanan.

 8. Pelayanan pribadi, berkaitan dengan fleksibelitas, penanganan permintaan khusus dan lain-lain.

9. Kenyamanan dalam memperoleh pelayanan, berkaitan dengan lokasi, ruangan tempat pelayanan, dan kemudahan menjangkau ketersediaan informasi.

 10. Atribut pendukung pelayanan lainnya, seperti lingkungan, kebersihan, ruang tunggu, fasilitas dan lain-lain.

Dengan memperhatikan kesepuluh hal tersebut diharapkan perusahaan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen secara tidak langsung.

Pelayanan dapat dikatakan sebagai suatu cara promosi, apabila konsumen merasa puas maka pelayanan yang baik tersebut dapat dijadikan alat untuk menarik konsumen lebih banyak lagi.

Gallery for Membahas Tentang Konsep Pemasaran Dalam Bisnis Secara lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published.