Belajar Microsoft Word Bagi Pemula
Belajar Microsoft Word Bagi Pemula

Cara Cepat Belajar Microsoft Word Bagi Pemula

299 View

konsumtif– Belajar Microsoft Word Bagi Pemula memang sangat penting apalagi bagi anak sekolah, pelajar, mahasiswa, pekerja, maupun non pekerja.

Microsoft Word atau lengkapnya adalah Microsoft Office Word atau jiga dikenal dengan kata Word merupakan perangkat lunak pengolah kata andalan Microsoft.

Microsoft Word sering sekali digunakan pada kebutuhan sehari-hari. Ada banyak tools, tab, dan pilihan menu lainnya yang disediakan Microsoft Word.

Intinya agar pekerjaan kita lebih rapih dan mudah, tentunya bagi pemula harus tahu fungsi dan cara menggunakan tiap-tiap toolsnya. Untuk membuat dokumen baru, mengedit file dan melakukan formatting.

Tips Belajar Microsoft Word Bagi Pemula

Ada beberapa poin penting tentunya yang harus dilakukan pada tahap awal untuk mengenal Microsoft Word lebih dalam.Membuka Microsoft Word

Membuka Microsoft Word

Untuk memulai membuka Microsoft Word tentunya berawal dari start dan juga bisa menggunakan menu search atau pencarian dan ketikan Microsoft Word.

Maka akan muncul tampilan awal pada Microsoft Word, maka silahkan untuk mencoba menulis.

Mengatur ukuran margin

Margin yaitu ukuran tepi/pinggir kiri, kanan, atas, bawah pada lembar kerja Microsoft Word. Biasanya ketika kita membuka lembar kerja Microsoft Word baru, margin kertas diatur otomatis.

Tapi kita bisa mengubah ukurannya sesuai dengan yang kamu mau, caranya seperti dibawah ini :

  • Silahkan pilih tab Layout,
  • klik Margins,
  • pilih ukurannya. (Jika ukuran yang kita inginkan tidak ada pada pilihan, coba pilih Custom Margins untuk mengatur margin secara manual dengan memasukkan ukuran batas atas, kanan, kiri, dan bawah.

Mengubah ukuran dan jenis font

Microsoft Word menyediakan banyak jenis font terlebih bisa memilih jenis apa yang kita inginkan. adapun cara mengubahnya sangat mudah, seperti dibawah ini :

  • blok teks yang ingin diubah fontnya,
  • lalu  klik tab Home > Jenis font.
  • Sebelum di klik, kamu bisa melihat preview-nya terlebih dahulu sesuai jenis huruf yang anda sukai

Kemudian untuk mengatur ukuran font, masih pada tab Home, lalu pilih Font Size sesuai yang kita inginkan, biasanya sering digunakan ukuran font 12.

Mengatur spasi antar baris

Agar tidak terlalu rapat atau renggang tentunya harus diatur jarak atau spasi antar baris sesuai kebutuhan agar dokumen terlihat rapi dan nyaman untuk dibaca.

Cara mengaturnya cukup mudah,

  • pertama blok paragraf yang akan diatur spasinya,
  • klik tab Home,
  • lalu pilih Line and Paragraph Spacing.
  • Kemudian pilih jarak sesuai selera anda

Mengubah ukuran kertas

Untuk print hasil kerja kita tentunya harus dicermasi, jangan sampai kita menulis pada ukuran kertas F4 sedangkan ukuran kertas pada printer adalah A4.

Maka hasilnya pasti terpotong, karena ukuran kertas F4 lebih panjang daripada A4. oleh karena itu kita harus perhatikan ukuran kertas yang ada pada lemar kerja Microsoft Word.

Word sendiri memiliki beberapa ukuran kertas yang bisa kamu pilih dengan ketas yang tersedia pada printer. Cara memilih atau mengubah ukuran kertas cukup mudah, langkahnya sebagai berikut :

  • Klik menu tab Layout
  • kemudian pilih Size
  • Kemudia pilih ukuran kertas yang sesuai.

Baca Juga : Cara Membuat Spreadsheet Pada Microsoft Excel

Penutup

Pada intinya untuk memulai kerja pada Microsoft Word perlu melakukan percobaan percobaan, karena jika salah pun lembar kerja bisa dikembalikan.

Berberda dengan mesin ketik, jika kita salah mengetik otomatis harus diganti kertasnya. Inilah salah satu kelebihan pada program Microsoft office Word.

Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, jika anda membutuhkan informasi selanjutnya terkait Belajar Microsoft Word Bagi Pemula silahkan ikuti terus pada situs ini, karena admin akan bahas seputar word sampai tuntas dan sampai kalian lancar.

Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.